18.017 Formasi CPNS di Kemenhub Tahun 2024 Disetujui Menpan RB, Ini Rinciannya

18.017 Formasi CPNS di Kemenhub Tahun 2024 Disetujui Menpan RB, Ini Rinciannya

Formasi Pendaftaran CPNS 2024--kemendag

FIN.CO.ID- Sebanyak 18.017 formasi calon aparatus sipil negara (CASN) atau CPNS di Kementerian Perhubungan telah disetujui oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB). 

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, dengan jumlah formasi itu diantaranya, sebanyak 1.391 untuk formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 16.626 untuk formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). 

Budi karya menuturkan jumlah ini sangat besar dari tahun-tahun sebelumnya. 

BACA JUGA:

“Oleh karenanya, saya atas nama pribadi dan Kementerian Perhubungan mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang telah memberikan persetujuan atas kebutuhan pegawai ini,” di Kantor Kementerian PAN-RB, pada Kamis, 18 April 2024. 

Ia pun berharap, melalui formasi ASN Tahun 2024 akan didapatkan Sumber Daya Manusia yang kompeten, profesional dan berintegritas untuk memperkuat konektivitas layanan transportasi yang berkualitas. 

"Harapan lainnya, dapat pula mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional melalui peningkatan layanan transportasi," kata Menhub. 

Ia juga menerangkan, Kemenhub sangat mendukung penyelesaian penataan pegawai non-ASN sesuai amanat UU Nomor 20 Tahun 2024 tentang ASN melalui usulan kebutuhan ASN tahun 2024. 

BACA JUGA:

Selanjutnya, Menhub juga memaparkan bahwa dalam waktu dekat dirinya akan melakukan rapat koordinasi dengan Kepala Otorita IKN untuk membahas formasi ASN Kemenhub yang akan ditempatkan di wilayah tersebut. 

"Kami berjanji akan mengatur formasi ASN yang ada dengan sangat teliti, sehingga para ASN tersebut nantinya bisa menjalankan tugasnya dengan baik sesuai keahlian yang dimiliki," ucap Budi Karya. 

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas, mengatakan bahwa rekrutmen ASN tahun ini merupakan yang terbesar dalam 10 tahun terakhir. 

Menteri Anas memaparkan bahwa dalam pengadaan ASN tahun ini, Kementerian PAN-RB menyerahkan sepenuhnya kebutuhan formasi ASN kepada Kementerian atau Lembaga, karena Kementerian atau Lembaga-lah yang paling tahu apa yang dibutuhkan. 

“Harapan kami, karena Kementerian yang tahu prioritasnya, mudah-mudahan kebutuhan rencana strategis 5-25 tahun ke depan sudah diantisipasi oleh pengadaan ASN tahun ini,” terang Menteri Anas. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: