15 Cara Usir Kecoa di Rumah Paling Aman dan Mudah Diterapkan

15 Cara Usir Kecoa di Rumah Paling Aman dan Mudah Diterapkan

Kecoa membawa bakteri yang menyebabkan berbagai penyakit . Sumber foto: pixabay--

FIN.CO.ID – Memahami cara mengusir kecoa di rumah sangat penting. Sebab binatang yang masuk kelas insecta ini bisa menjadi sumber penyakit bagi penghuni rumah.

Menurut World Health Organization atau Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kecoa membawa bakteri yang menyebabkan berbagai penyakit ringan sampat berat seperti diare, disentri, kolera, dan demam tifoid.

Berikut cara mengusir kecoa yang dirangkum dari berbagai sumber, Senin 12 Februari 2024:

1. Menggunakan Baking Soda

Campurkan baking soda dan gula dengan jumlah yang sama, lalu taburkan di sudut-sudut dan tempat kecoa biasa lewat. Ini merupakan cara mengusir kecoa di rumah yang mudah dipraktikkan. Gula akan menarik kecoa dan ketika mengkonsumsi zat itu ia akan mati.

2. Menggunakan Obat Kumur

Cara lain mengusir kecoa adalah menggunakan obat kumur. Obat kumur mengandung mentol, yang menurut penelitian adalah pembunuh kecoak yang kuat.

Jika dibandingkan dengan 86 minyak esensial lainnya, mentol berada pada peringkat pertama. Cara membuatnya, campur 100 ml obat kumur dalam satu galon air. Kemudian semprotkan di sekitar rumah Anda.

BACA JUGA:

3. Menggunakan Kapur Barus

Kamu bisa tebarkan kapur barus di pojok-pojok ruang. Ini merupakan cara mengusir kecoa di rumah yang mudah dipraktikkan.

Wangi kapur barus tidak disukai kecoa. Namun hati-hati, hindari menaruh kapur barus di dekat makanan atau lemari makanan.

4. Menggunakan Daun Salam

Selain menyedapkan masakan, daun salam juga berguna sebagai pembasmi kecoa. Cukup hancurkan sedikit daun salam dan tinggalkan di dekat sudut dan celah tempat kecoak bersembunyi. Anda juga bisa meletakkan segenggam di bagian bawah tong sampah.

5. Menggunakan Tanah Diatom

Bagian fosil dari makhluk air berukuran kecil membentuk apa yang dikenal sebagai tanah diatom atau DE. Cara membuatnya, oleskan lapisan DE yang banyak ke celah-celah dan tempat-tempat lain di mana kecoa mungkin bersembunyi.

Untuk membuat DE menarik bagi kecoa, tambahkan gula ke dalamnya. Nah ketika kecoa berkontak dengan DE maka lapisan tubuhnya akan kering.

6. Menggunakan Deterjen

Kecoak akan sekarat dengan campuran air dan sabun. Cara membuatnya, campurkan 4 sendok makan deterjen cair dengan 4 gelas air. Semprotkan sesuai kebutuhan di tempat kecoak bersembunyi. Cara ini akan membuat kecoa seketika berhenti bergerak.  

7. Menggunakan Pappermint

Kecoa tidak suka bau minyak peppermint. Karena minyak peppermint bertindak sebagai insektisida alami. Cara membuatnya, mengisi botol semprot dengan air dan menambahkan 20 tetes minyak peppermint.

Semprokan sesering mungkin di area tempat kecoa bersembunyi. Semprotan ini 100% tidak beracun dan aman digunakan di sekitar hewan peliharaan dan anak-anak.

8. Menggunakan Mentimun

Siapa sangka, mentimun bisa mengusir kecoa di rumah. Ternyata binatang satu ini tidak menyukai aroma yang dikeluarkan dari mentimun. Anda cukup mengiris mentimun dan menaruhnya dalam wadah seperti mangkuk. Selain itu, letakkan wadah berisi mentimun pada area atau sarang kecoa.

9. Menggunakan Lemon

Banyak yang tahu buah lemon adalah sumber vitamin C. Selain vitamin C, zat antipathogenic yang ada di dalamnya ternyata mampu mengusir kecoa. Caranya, menyemprotkan air perasan lemon pada bagian-bagian rumah yang kerap didatangi kecoa.

10. Membersihkan Rumah

Hal pertama yang wajib kamu lakukan untuk mengusir kecoa adalah membersihkan seluruh bagian rumah. Kecoa gemar bersarang di tempat yang kotor, sempit, gelap, dan lembap.

Oleh karena itu, bersihkan setiap sudut rumah, terutama area kamar mandi, dapur, lemari penyimpanan alat masak, lemari makanan, dan lemari penyimpanan bahan makanan.

11. Menggunakan Insektisida

Sebagai serangga yang pertumbuhannya sangat cepat, langkah terbaik untuk membasmi kecoa adalah dengan memusnahkan telurnya. Ciri-cirinya menyerupai serbuk kopi dan baunya sangat apek. Jika sarang sudah ditemukan segera basmi dengan menyemprotkan insektisida atau racun kecoa.

12. Menutup Saluran Air

Cara mengusir kecoa selanjutnya adalah menutup saluran air yang bocor. Kecoa dapat bertahan hidup satu bulan tanpa makanan, namun ia tak bisa bertahan hidup lebih dari satu minggu tanpa air.

Tak heran kalau kecoa suka sekali bersarang di tempat-tempat lembap dan basah seperti di bawah wastafel atau saluran air. Maka periksa dan teliti setiap saluran air yang ada di rumah, termasuk pipa wastafel kamar mandi, dapur, atau pipa keran kamar mandi. Segera perbaiki jika terjadi kebocoran pipa air.

13. Membersihkan Tempat Makan

Terkadang kecoa masuk ke dalam rumah untuk mendapatkan makanan. Makanan yang tercecer di meja atau lantai dapat mengundang kecoa. Apabila ada sisa makanan tercecer, segera bersihkan. Ini merupakan cara mengusir kecoa yang mudah dipraktikkan. Selain itu, bersihkan juga gelas, mangkuk, genangan pot, spons basah hingga handuk adalah tempat favorit kecoa mencari makan.

14. Menyingkirkan Tumpukan Barang

Apabila ada tumpukan barang yang tak digunakan,  sebaiknya singkirkan. Terlebih jika memiliki tumpukan kayu bekas bangunan. Hal ini dikarenakan kecoa gemar bersarang di tumpuan kayu terutama ketika musim hujan.

BACA JUGA:

15. Menggunakan Sabun Mandi

Sabun mandi juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir kecoa. Cara membuatnya, campur sabun mandi dengan air biasa, lalu aduk sampai larut dan encer. Langkah berikutnya, masukkan dalam botol semprot. Bila sudah, ramuan ini bisa langsung disemprotkan ke sarang kecoa di rumah.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Eko Nugros

Tentang Penulis

Sumber: