Pakar Bingung dengan Hilirisasi Digital yang Disebut Gibran: Tidak Ada Dalam Literatur Akademik

Pakar Bingung dengan Hilirisasi Digital yang Disebut Gibran: Tidak Ada Dalam Literatur Akademik

Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka didampingi istri tiba untuk mengikuti debat kedua cawarpres Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/12/2023). Debat Cawapres 2024 mengangkat tema ekonomi kerakyatan, ekonomi dig-ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja-

Nailul menjelaskan hilirisasi biasanya proses pengolahan bahan baku atau raw material menjadi barang yang memiliki nilai tambah tinggi.

"Apa yang mau dihilirisasi dari digital? Teknologinya, manusianya, atau apa? Ini dari digital apa yang raw material? Nilai tambahnya di mana?" katanya.

Sementara itu, dilansir dari laman Sekretariat Kabinet, tidak ada istilah hilirisasi digital yang digenjot Presiden Jokowi. Yang ada hanya hilirisasi Ekonomi Digital. 

Misalnya, Pemerintah mendorong para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk masuk ke ekosistem digital.

Upaya hilirisasi ekonomi digital ini, dilakukan Pemerintah untuk menargetkan 30 juta pelaku UMKM dapat masuk ke dalam ekosistem digital. 

Untuk mencapai target tersebut, Jokowi meminta jajaran terkait untuk menerapkan strategi yang proaktif untuk mendorong pelaku UMKM masuk ke ekosistem digital.

Berdasarkan data dari Asosiasi E-commerce Indonesia (iDEA) per Mei 2021, jumlah pelaku UMKM yang sudah onl-boarding baru sebanyak 13,7 juta pelaku atau sekitar 21 persen dari total UMKM yang ada di Tanah Air. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: