Diisukan Bakal Mundur dari Menko Polhukam, Mahfud MD Hari Ini Menghadap Jokowi di Istana

Diisukan Bakal Mundur dari Menko Polhukam, Mahfud MD Hari Ini Menghadap Jokowi di Istana

Menko Polhukam Mahfud MD --ist

"Jika Presiden percaya dan kemudian masih menugaskan menteri-menteri yang ada, ya menteri itu wajib untuk menuntaskan dan membantu presiden dalam bekerja di kabinet," terang Puan. 

Sementara itu, Direktur Eksekutif Lingkar Madani, Ray Rangkuti memprediksi akan menarik satu kadernya dari Istana. Yaitu Seskab (Sekretaris Kabinet) Pramono Anung. 

"PDIP tidak akan mengatakan kami akan tarik anggota kabinet. Paling satu kader akan diminta keluar atau mengundurkan diri. yaitu Pramono Anung," kata Ray.

Mengapa Pramono Anung? Ray menyebut mantan sekjen PDIP itu ditempatkan di posisi Seskab ntuk menjembatani komunikasi PDIP dan Jokowi.

Dengan adanya ketegangan antara Jokowi dan PDIP, keberadaan Pramono Anung diduga sudah dibutuhkan lagi. 

Selain itu, PDIP bisa beralasan Pramono Anung akan dilibatkan dalam kampanye Pemilu dan Pilpres 2024. 

"Pak Pramono orang PDIP. Kalau disuruh memilih Pak Jokowi atau PDIP, tentu dia akan memilih PDIP," tegas Ray.

Jika benar Pramono Anung ditarik dari kabinet, hal ini akan menjadi sinyal bahwa PDIP tidak lagi berada bawah bayang-bayang Jokowi. 

PDIP, lanjutnya, diyakini tidak akan mengambil sikap konfrontasi. Sebab, hal itu akan merugikan suara partai. 

Di sisi lain, Ray memperkirakan PDIP akan memecat Gibran Rakabuming. Sedangkan untuk Jokowi, PDIP akan membuatnya tidak lagi berperan aktif dalam penentuan arah kebijakan partai.

BACA JUGA:

Jokowi Restui Gibran Dampingi Prabowo

Presiden Jokowi merestui Gibran Rakabuming maju sebagai Cawapres pendamping Prabowo Subianto. PDIP menegaskan tak pernah meninggalkan Jokowi. Sebaliknya, Jokowi-lah yang meninggalkan mereka.

Hal itu disampaikan Sekretaris Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres PDIP, Deddy Yevri Sitorus melalui cuitannya di media sosial X alias Twitter. 

 "Ingat, KITA TIDAK PERNAH MENINGGALKAN JOKOWI. Dia yang meninggalkan kita dengan menyisakan LUKA DAN AIR MATA!!! Biarlah semesta menjadi pengadilnya. Kita manusia hanya bisa melantunkan doa!" tulis Deddy Sitorus seperti dikutip fin.co.id pada Senin, 23 Oktober 2023. 

Dalam cuitan lainnya, Deddy juga menyebut nama Jokowi. Menurutnya, Jokowi akan harum namanya jika menolak anaknya Gibran Rakabuming dipinang sebagai Cawapres. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: