Ganjar Pranowo dan Mahfud Jalani Pemeriksaan Kesehatan Hari Ini

Ganjar Pranowo dan Mahfud Jalani Pemeriksaan Kesehatan Hari Ini

Bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo-Manfud MD menyapa wartawan usai berganti pakaian untuk menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Minggu (22/10/2023). (ANTARA/Laily Rahmawaty)--

Rangkaian tes kesehatan itu di antaranya CT scan, diagnostik, pemeriksaan pembuluh darah dalam jantung, tes fungsi organ keseluruhan, tes pembuluh darah, MRI melihat profile merujuk pada seseorang, mengukur kapasitas paru-paru, tes treadmill, USG, wawancara untuk mendiagosis gangguan prablem solfing dan tes uji narkoba.

Ganjar Pranowo berusia 54 tahun, pernah menjabat dua periode sebagai Gubernur Jawa Tengah. Sedangkan Mahfud MD berusia 66 tahun, sudah beberapa kali menjadi menteri, saat ini Menkopolhukam, serta pernah menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi, dan anggota DPR RI tahun 2008. 

Hasil Tes Kesehatan

Kepala RSPAD Gatot Soebroto Albertus Budi Sulistya mengatakan hasil pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon (bapaslon) presiden dan wakil presiden akan disampaikan kepada KPU RI secara kolektif setelah semua pasangan selesai memeriksakan kesehatannya.

“Hasil pemeriksaan secara kolektif akan kami sampaikan kepada KPU RI setelah seluruh pasangan calon melaksanakan pemeriksaan kesehatan,” kata A. Budi Sulistya di Gedung Medical Check-up RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Minggu.

Budi mengatakan pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang lebih daluhu melaksanakan tes kesehatan Sabtu 21 Oktober 2023.

Kemudian disusul bakal pasangan calon (bapaslon) capres dan cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD pada Minggu 22 Oktober 2023.

“Kemarin pelaksanaan (tes kesehatan Anies-Muhamin) kurang lebih sembilan jam,” kata Budi.

Adapun durasi pemeriksaan kesehatan bapaslon capres dan cawapres ini berlangsung sekitar delapan sampai dengan 10 jam lamanya.

Budi menyebut materi pemeriksaan, tim pemeriksa, alat pemeriksaan, jadwal pemeriksaan persis sama untuk semua bapaslon capres dan cawapres. Melibatkan 50 orang dokter dengan berbagai latar belakang spesialisasinya serta psikolog.

“Ada dua orang psikolog yang juga ada di dalam tim ini, jadi ada dari tim dokter RSPAD, tim dokter dari utusan masing-masing koligium keahlian, dan BNN serta himpunan psikologi Indonesia,” kata Budi.

Sedangkan untuk bakal calon presiden Prabowo Subianto yang belum mengumumkan pasangan calon wakil presiden untuk bisa mendaftar ke KPU RI dengan batas waktu sampai tanggal 25 Oktober. (*) 

 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: