Kapolrestabes Semarang Diperiksa Polda Metro Jaya, Buntut Kasus Pemerasan Pimpinan KPK pada SYL

Kapolrestabes Semarang Diperiksa Polda Metro Jaya, Buntut Kasus Pemerasan Pimpinan KPK pada SYL

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar--net

FIN.CO.ID - Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar dipanggil penyidik Polda Metro Jaya.

Kombes Irwan Anwar akan diperiksa penyidik buntut dari kasus pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto mengatakan Kombes Pol Irwan Anwar dipanggil penyidik pada Rabu, 11 Oktober 2023.

“Kalau tidak salah, hari ini panggilannya untuk hadir. Hari ini. Datang atau tidak, nanti sama-sama kita lihat,” katanya di Polda Metro Jaya, Rabu, 11 Oktober 2023.

BACA JUGA:

Namun demikian, Karyoto tidak menjelaskan lebih jauh mengenai pemeriksaan terhadap Kombes Pol Irwan Anwar itu dalam rangka penyidikan kasus tersebut.

Mantan Deputi Penindakan KPK tersebut hanya menyampaikan bahwa perkembangan rangkaian penyidikan kasus tersebut nantinya akan disampaikan lebih lanjut.

“Nanti kalau rekan-rekan wartawan tanya kepada Direktorat Kriminal Khusus, pasti akan dijawab, apa yang sudah dia lakukan, dalam hal terkait penyelidikan maupun penyidikan,” jelasnya.

Karyoto juga memastikan akan mengusut tuntas kasus tersebut hingga selesai karena penanganan sebuah perkara yang diadukan atau dilaporkan mempunyai sistem dalam rangkaian prosesnya.

BACA JUGA:

“Ada hal-hal yang sifatnya ini, penyidikan itu udah semacam sistem. Ada laporan masuk ya diproses, diselidiki, dicari alat buktinya, diklarifikasi. Kalau ada apa-apa, gelar perkara,” katanya.

Sebelumnya Polda Metro Jaya kembali memeriksa satu saksi Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar dalam kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK dalam penanganan perkara di Kementerian Pertanian tahun 2021.

"Benar (Irwan) salah satu saksi yang sudah dilakukan klarifikasi di tahap penyelidikan," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu (8/10).

Namun Ade Safri tak menjelaskan kapan tepatnya Irwan dimintai keterangan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: