Kabel Semrawut di Kota Bekasi Bertahap Dirapihkan, Dinas Bina Marga: Sedang Bangun Jaringan Bawah Tanah

Kabel Semrawut di Kota Bekasi Bertahap Dirapihkan, Dinas Bina Marga: Sedang Bangun Jaringan Bawah Tanah

Kondisi kabel semrawut di wilayah Kota Bekasi-Tuahta Aldo-

Kabel Semrawut, Bekasi - Kabel semrawut di wilayah Kota Bekasi, belakangan mudah ditemui di jalan protokol utama hingga jalan pemukiman warga. 

Terlihat kesemrawutan kabel di Kota Bekasi dalam kondisi menjuntai ke aspal, menggulung kusut, tumpang-tindih, hingga berserakan di trotoar. 

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi, Idi Susanto mengungkapkan, pihaknya tengah bertahap melakukan perbaikan. 

"Memang kita sekarang bertahap, bisa dilihat di depan stasiun kita sudah mulai di kerjakan. Nanti mulai depan stasiun sampe pertigaan kartini akan turun kebawah tu, kita arahkan menurunkan kabel," ungkap Idi Susanto saat fin.co.id konfirmasi, Rabu 16 Agustus 2023. 

Banyak dan panjangnya kabel menjadi salah satu Pekerjaan Rumah (PR) di Kota Bekasi, sehingga harus dilakukan secara bertahap. 

"Kita kan lagi bangun jaringannya di bawah tanah tu, bertahap memang, PRnya masih banyak ya, karena kabelnya luar biasa banyak, jaringan juga panjang, jadi bertahap," jelasnya. 

BACA JUGA :

Mayoritas, kabel yang semrawut di wilayah Kota Bekasi dimiliki oleh perusahaan profider yang kini melayani jaringan internet di Kota Bekasi. 

"Jadi kabel kan banyak nih, kalo PLN kelihatan kabelnya berbeda. Rata rata yang semrawut banyak kabel jaringan internet, kalo jaringan internet itu hampir 40 an profider ada macem macem, makannya kalo kabel PLN gak terlalu semrawut ya," ucapnya. 

Selama tahap perapihan kabel yang semrawut, pihaknya telah memberikan surat peringatan kepada pihak profider jaringan internet. 

"Sudah (Surat peringatan), jadi gini kemarin kita sudah kasih himbauan dari pak kadis nih ke semua profider untuk memindahkan dari atas ke bawah ke dalam tanah," terangnya. 

Idi Susanto menjelaskan, pihaknya meminta kepada profider penyedia internet untuk sementara melakukan perapihan apabila mengalami kendala dalam perapihan. 

Nantinya seluruh kabel di jalan protokol ataupun pemukiman warga akan menggunakan jalur bawah tanah, agar kedepannya lingkungan menjadi lebih rapih.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: