Dinas Bina Marga Kota Bekasi Ungkap, Kabel Semrawut di Wilayahnya Mayoritas Milik Profider Internet

Dinas Bina Marga Kota Bekasi Ungkap, Kabel Semrawut di Wilayahnya Mayoritas Milik Profider Internet

Kondisi kabel semrawut di wilayah Kota Bekasi-Tuahta Aldo-

Kabel Semrawut, Bekasi - Penampakan kabel semrawut, belakangan mudah ditemui di jalan protokol hingga jalan pemukiman warga di Kota Bekasi. 

Pantauan fin.co.id hari ini di lokasi, kesemrawutan kabel di Kota Bekasi bermacam macam, mulai dari menjuntai ke aspal, menggulung kusut, tumpang-tindih, hingga berserakan di trotoar. 

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi, Idi Susanto mengatakan, mayoritas kabel yang semrawut di wilayahya milik profider penyedia internet. 

"Kabel kan banyak nih, kalo PLN kelihatan kabelnya berbeda. Rata rata yang semrawut banyak kabel jaringan internet, kalo jaringan internet itu hampir 40 an profider ada macem macem, makannya kalo kabel PLN gak terlalu semrawut ya," kata Idi Susanto saat dikonfirmasi fin.co.id Rabu 16 Agustus 2023. 

Menurutnya, pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi telah mengirim surat himbauan kepada profider penyedia internet untuk memindahkan kabel. 

"Sudah (Memberikan Himbauan), jadi kemarin kita sudah kasih himbauan dari pak kadis ke semua profider untuk memindahkan dari atas ke bawah ke dalam tanah," jelasnya. 

BACA JUGA :

Lanjutnya, ia juga meminta pihak profaider sementara waktu untuk melakukan perapihan apabila mengalami kendala dalam memindah jaringan kabel. 

Pemkot Bekasi kini juga tengah menyiapkan surat dari Walikota Bekasi, terkait mengatur pengelolaan kabel di wilayahnya. 

"Kalaupun anggaran terbatas, perapihan lah, pemeliharaan lah, jaringan dia di rapihkan. Nanti lagi kita konsepkan untuk surat walikotanya, biar lebih kuat karena kemarin baru kepala Dinas ya," terangnya. 

Idi Susanto menjelaskan, perapihan kabel nantinya akan dilakukan di seluruh titik mulai dari jalan protokol hingga wilayah pemukiman warga. 

"Iya kaya gitu (Pemukiman turut dirapihkan), cuman kan karena juga bertahap ya. kita ada progres untuk ke bawah, ada beberapa ruas yang sudah turun ke bawah," jelasnya. 

Kini Pemkot Bekasi telah memulai perapihan kabel ke bawah tanah, mulai dari wilayahnya Stasiun Kota Bekasi hingga area jalan Pertigaan Kartini.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: