Segudang Manfaat Kayu Manis, Tapi Jangan Lupa Perhatikan Juga Efeknya

Segudang Manfaat Kayu Manis, Tapi Jangan Lupa Perhatikan Juga Efeknya

Kayu Manis, Image oleh Mareefe dari Pixabay--

Cara kerjanya dengan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga bisa menghambat perkembangan kondisi seperti radang sendi.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Minuman yang ajaib ini juga kaya akan antioksidan polifenol dan proanthocyanidins yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Sifat antivirus, antibakteri, dan antijamurnya membantu mengurangi kemungkinan berkembangnya berbagai masalah, seperti gangguan pernapasan dan sakit jantung.

6. Mengatasi kista ovarium

Sindrom ovarium polikistik adalah gangguan hormonal yang menyebabkan tumbuhnya kista kecil di luar ovarium yang tengah mengalami pembengkakan. 

BACA JUGA:

Untuk mengurangi massa kista itu, kamu bisa mengonsumsi minuman sehat ini. Manfaat lainnya, yakni membuat siklus menstruasi lebih teratur.

7. Mengatasi gejala human immunodeficiency virus (HIV) 

HIV adalah virus yang secara perlahan merusak sistem kekebalan tubuh manusia. Jika tak diatasi dengan langkah yang tepat, HIV bisa berujung pada penyakit AIDS. untuk mencegah keparahan penyakit, kamu bisa mengonsumsi air kayu manis.

Tanaman herbal yang diekstrak dari varietas Cassia ini efektif membantu melawan HIV-1, yakni jenis virus HIV yang paling umum pada manusia. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk memastikan kegunaan ini.

8. Mengatasi luka kronis 

Senyawa antimikroba di dalam minuman sehat ini efektif membantu mengatasi luka kronis. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mencampurkan air rebusan dengan peppermint. Kolaborasi dari kedua bahan alami tersebut mampu mempercepat proses penyembuhan luka.

9. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Kayu manis mengandung Cinnamaldehyde, yakni senyawa yang mampu menurunkan tekanan darah. 

Selain itu, senyawa tersebut juga mampu meningkatkan fungsi normal jantung.

BACA JUGA:

Manfaat ini juga tertulis dalam jurnal The beneficial effects of cinnamon among patients with metabolic diseases: A systematic review and dose-response meta-analysis of randomized-controlled trials yang dipublikasikan Critical Reviews in Food Science and Nutrition.

Menurut studi di atas, mengonsumsi setidaknya 1,5 gram (g) atau sekitar ¾ sendok teh (sdt), kayu manis per hari mampu menurunkan kadar trigliserida, kolesterol total, kolesterol LDL (jahat), dan kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan begitu, potensi penyakit kardiovaskular bisa menurun.

10. Mencegah multiple sclerosis (MS)

MS adalah penyakit yang berpotensi melumpuhkan sistem saraf pusat, otak, dan sumsum tulang belakang manusia. Untuk mencegah keparahan penyakit, kamu bisa mengonsumsi air rebusan kayu manis.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: