Apa Bisa Atasi Kaki Kebas karena Diabetes dengan Obat Herbal? Ini Kata Dokter

Apa Bisa Atasi Kaki Kebas karena Diabetes dengan Obat Herbal? Ini Kata Dokter

Kaki Kebas, Image oleh andreas160578 dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Punya diabetes dan mengeluhkan kaki kebas atau mati rasa, bisakah obat herbal membantu mengatasi masalah ini?

Jawabnya menurut dr. Riza Marlina mungkin tidak seperti yang Anda harapkan.

Menurut dia, kaki kebas pada penderita diabetes adalah disebabkan masalah seperti neuropati diabetik.

BACA JUGA:Kombinasi Metformin dan Bumbu Dapur Ini Disebut Efektif Kontrol Diabetes

Kondisi gangguan saraf ini, lanjut dia, disebabkan oleh kadar gula yang terlalu tinggi atau tak terkontrol.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi kaki kebas pada penderita diabetes, yang seharusnya dilakukan adalah menurunkan kadar gula darah penderitanya ke angka normal.

“Kondisi gangguan saraf akibat penyakit diabetes yang ditandai dengan keluhan kebas atau mati rasa, kesemutan dan nyeri, dapat menyerang saraf kaki di mana kadar gula yang tinggi menyebabkan saraf di seluruh tubuh mengalami kerusakan dalam jangka panjang”.

“Mengatasi kondisi ini ialah dengan rutin konsumsi obat gula agar kadar gula dapat dikontrol, diet diabetes, serta bisa menggunakan krim berisi capsaicin,” tutup dr. Riza Marlina seperti dikutip FIN dari Alodokter. https://www.alodokter.com/komunitas/topic/bolehkah-penderita-diabetes-minum-obat-herbal-untuk-mengatasi-kaki-kebas-

Punya masalah dengan kaki kebas akibat diabetes, PR Anda saat ini adalah bukannya bereksperimen dengan obat-obatan herbal.

Karena konsumsi obat diabetes, baik yang diminum ataupun disuntik (insulin), adalah yang Anda butuhkan untuk mengendalikan kadar gula berlebih di dalam darah.

Pentingnya Minum Obat dan Pakai Insulin jika Diabetes

dr. Arrum Putri Amalia mengatakan bahwa dalam mengontrol gula darah, penderita diabetes umumnya menggunakan satu atau mengkombinasikan obat anti diabetes.

“Jika belum berhasil, dapat ditingkatkan menjadi pengobatan suntikan insulin yang perlu dilakukan beberapa kali sehari seumur hidup,” jelas dia.

Intinya, jika ingin memiliki gula darah layaknya orang normal, mereka yang diabetes hanya dapat mencapai itu, tentunya dengan melibatkan konsumsi obat dan penggunaan insulin secara rutin.

Efeknya jika tidak terkontrol, diabetes ini kata dr. Arrum Putri Amalia, dapat berujung pada komplikasi yang tidak diinginkan.

“Seperti penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, kebutaan, luka yang sulit sembuh, dan gangguan saraf,” tutupnya.

Intinya, jika Anda atau ada keluarga Anda yang diabetes namun enggan minum obat, atau tidak menggunakan insulin ketika sudah dianjurkan, maka jangan heran jika masalah komplikasi di kemudian hari akan bermunculan.

Sumber: