Terjadi Kekeringan Lahan Pertanian, 2 Mesin Pompa Air Besar Diturunkan Pemkab Bekasi

Terjadi Kekeringan Lahan Pertanian, 2 Mesin Pompa Air Besar Diturunkan Pemkab Bekasi

Mesin pompa air diturunkan oleh Pemkab Bekasi-Dokumen Istimewa-

BEKASI, FIN.CO.ID - Beberapa desa di wilayah Kabupaten Bekasi, beberapa hari belakangan terancam mengalami bencana kekeringan lahan pertanian. 

Guna penanganan di lapangan, Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) mengirimkan mesin pompa air untuk mengairi persawahan masyarakat. 

Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air pada Dinas SDABMBK Kabupaten Bekasi, Sukmawati mengatakan, pihaknya menyediakan 2 pompa air dengan kapasitas besar guna proses pengairan. 

BACA JUGA:Kembali Diterapkan, Sebanyak 868 Kendaraan Terekena Tilang Manual di Kota Bekasi Selama Mei 2023

"Ya, kami sudah menyiapkan dua pompa air besar kapasitas 150 liter per detik, untuk membantu kekeringan sawah petani," kata Sukmawati dalam keterangannya yang didapat, Sabtu 10 Juni 2023. 

Untuk sementara waktu, saat ini pihaknya menurunkan mesin pompa air di wilayah Desa Karanganyar sesuai dengan permintaan. 

Nantinya, dua pompa air tersebut akan dipindahkan secara bergilir ke desa lainnya di Kabupaten Bekasi yang mengalami kekeringan. 

BACA JUGA:Diduga Travel Agent Gelapkan Uang Pembayaran, Siswa MAN 1 Kota Bekasi Batal Study Tour Ke Yogyakarta

"Dari Desa Karanganyar, kita akan pindahkan ke Desa Karangmukti, di lokasi tersebut kita mengambil sumber air dari embung untuk mengairi sawah petani," ungkapnya. 

Sebelumnya Sekda Kabupaten Bekasi Dedy Supriyadi dan perwakilan Perum Jasa Tirta (PJT), telah meninjau kondisi lahan sawah petani yang kekeringan. 

Dari hasil peninjauan, Pemkab Bekasi akan melakukan normalisasi sungai dan berkoordinasi dengan Perum Jasa Tirta guna membahkan pasokan air dari hulu ke area yang kekeringan. 

BACA JUGA:Jelang Hari Raya Idul Adha, Penjualan Hewan Kurban Kabupaten Bekasi Meningkat Dibandingkan Tahun Lalu

"Kami dari sejak tiga minggu lalu sudah mengantisipasi, langsung menurunkan pompa air kapasitas besar dan meminta PJT untuk menambah pasokan air dari hulu guna mengatasi sawah yang kekeringan," ucap Dedy Supriyadi. 

Tidak hanya itu, Pemkab Bekasi juga melakukan normalisasi saluran air dari wilayah Cikarang Utara sampai dengan Karangbahagia.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: