Jemaah Haji yang Lupa Kasih Makan Ayam di Pesawat Ternyata Alami Demensia, Ini Cara Pencegahannya

Jemaah Haji yang Lupa Kasih Makan Ayam di Pesawat Ternyata Alami Demensia, Ini Cara Pencegahannya

Juhani, jemaah asal Majalengka yang viral ingin turun dari pesawat karea lupa kasih makan ayam-ist-ist

BACA JUGA:

“Yang punya ayam itu anaknya. Abah tidak punya ayam. Tapi, setiap hari yang memberi makan ayam-ayamnya itu ya si abah ini,” katanya. 

Tenaga Kesehatan Haji (TKH) Kloter KJT 1 dr Amalia Pratiwi mengatakan, Juhani didiagnosa mengalami demensia. 

“Diagnosanya memang demensia. Pertama, karena usianya lebih dari 60 tahun sehingga mengalami penurunan hilang ingatan,” katanya. 

Setibanya di Madinah, pihaknya langsung mengkonsultasikan hal itu dengan dokter spesialis yang ada di KKHI Madinah. 

BACA JUGA:

“Setelah itu, diberi obat penenang agar Juhani lebih tenang. Allhamdulillah dia bisa lebih tenang sekarang dan sadar kalau dia akan menunaikan ibadah haji,” urainya. 

Stimulasi Kognitif Cegah Demensia 

Kementerian Kesehatan melakukan pendekatan stimulasi kognitif untuk mengatasi penyakit demensia yang rentan dialami jamaah calon haji berusia di atas 60 tahun selama beribadah di Tanah Suci.

"Stimulasi kognitif dilakukan dengan cara mengajak pasien dan bersosialisasi," kata Kepala Bidang Kesehatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi dari Kemenkes RI M. Imran yang dikonfirmasi di Jakarta, Selasa, 6 Juni 2023.

BACA JUGA:

Demensia adalah penyakit yang menyebabkan penurunan daya ingat dan cara berpikir bagi penderitanya. Penyakit itu rentan terjadi pada kelompok masyarakat lansia.

Gejalanya diikuti dengan gangguan cara berpikir, seperti disorientasi tempat, waktu, hingga lupa dengan orang-orang di sekitarnya.

Umumnya gejala yang bisa terlihat di awal seperti mudah lupa, terutama untuk kejadian-kejadian yang baru saja dialami, kemudian sulit mempelajari hal baru, sulit konsentrasi, termasuk sulit mengingat waktu dan tempat, terutama setelah mereka berpindah dari kampungnya ke embarkasi atau ke Tanah Suci.

Imran mengatakan demensia menjadi salah satu penyakit rentan yang perlu diantisipasi dalam penyelenggaraan haji tahun ini. 

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: