Pengertian Apa itu Net Present Value dan Bagaimana Cara Menghitungnya

Pengertian Apa itu Net Present Value dan Bagaimana Cara Menghitungnya

Ilustrasi Investasi-FIN.CO.ID-

Apa itu Net Present Value - Perhitungan Net present value (NPV) adalah hal penting untuk kamu yang berinvestasi. NPV adalah cara cari tahu nilai keuntungan di masa mendatang. 

Mengetahui tentang NPV sangat penting, maka itu mari kita pelajari cara menghitung NPV dan apa itu NPV dalam investasi agar keputusan kamu menjadi lebih optimal, tentu saja agar tujuan finansialmu tercapai. 

Apa itu Net Present Value?

Net Present Value atau NPV adalah konsep penting yang digunakan dalam dunia investasi untuk menghitung selisih antara pengeluaran dan pemasukan dengan mempertimbangkan social opportunity of capital sebagai faktor diskon.

Dalam investasi, NPV digunakan untuk memberikan proyeksi keuntungan bisnis atau investasi yang dilakukan dengan menghitung perkiraan arus kas di masa mendatang dan menyesuaikannya dengan arus kas saat ini.

BACA JUGA:

Dalam analisis proyeksi arus kas, NPV memiliki kaitan erat dengan konsep time value of money, di mana nilai uang akan mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. 

Dengan memahami konsep cara menghitung NPV, investor dapat melakukan pengukuran investasi mana yang memiliki peluang memberikan keuntungan terbaik bagi mereka.

Fungsi NPV dalam investasi jangka panjang sangatlah penting karena dapat membantu investor memilih investasi yang paling menguntungkan dan mengurangi risiko kehilangan modal.

Oleh karena itu, bagi para investor, memahami konsep NPV dan bagaimana menghitung NPV adalah hal yang sangat krusial untuk menjamin kesuksesan investasi jangka panjang Anda.

BACA JUGA:

Fungsi Net Present Value (NPV)

Dalam suatu bisnis menghitung NPV akan membantu anda menilai apakah bisnis yang sedang anda jalankan memiliki peluang keuntungan di masa mendatang seiring perubahan nilai uang.

Hal ini akan membantu anda melihat apakah bisnis atau investasi yang akan dijalankan memiliki potensi keuntungan yang baik di masa mendatang sehingga layak untuk dilakukan.

Dalam investasi, menghitung NPV bisa menjadi salah satu patokan untuk melihat apakah instrumen investasi yang akan dijalankan saat ini memberikan keuntungan yang optimal dan sesuai dengan nilai uang di masa mendatang.

Oleh sebab itu, menghitung NPV bisa menjadi salah alat untuk menghitung peluang investasi yang dilakukan dengan melihat apakah keuntungan yang bisa dihasilkan di masa mendatang sebanding dengan dana yang harus dikeluarkan pada saat ini.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: