Investor Pemula Wajib Tahu! Ini 9 Instrumen Investasi Risiko Rendah yang Bisa Dicoba, InsyaAllah Cuan

Investor Pemula Wajib Tahu! Ini 9 Instrumen Investasi Risiko Rendah yang Bisa Dicoba, InsyaAllah Cuan

Ilustrasi Investasi-FIN.CO.ID-

Investasi Risiko Rendah - Berikut ini adalah pembahasan mengenai instrumen-instrumen investasi yang cocok bagi pemula, karena memiliki risiko yang rendah dan potensi menguntungkan yang lebih tinggi. 

Investasi risiko rendah ini cocok buat kalian yang baru ingin belajar berinvestasi. Sambil mempelajari instrumen lain yang lebih rumit, tidak ada salahnya kalian mencoba yang mudah berikut ini. 

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kalian tahu terlebih dahulu, apa yang dimaksud investasi. 

Ini sebagai dasar yang penting, sebelum kaliman melangkah lebih jauh pada pembahasan substansinya. Maka itu, simak terus artikel ini hingga tuntas ya gaes!

BACA JUGA:

Pengertian Investasi, Apa itu Investasi?

Investasi adalah kegiatan penanaman modal yang memiliki tingkatan risiko berbeda. Ada investasi risiko rendah, sedang, dan tinggi. 

Sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi, perlu diketahui bahwa investasi tetap memiliki risiko dan peluang mengalami kerugian. Sehingga, harus dikelola secara tepat dan bijak agar manfaat yang didapat bisa lebih maksimal.

Risiko investasi berbanding lurus dengan return atau imbal hasil yang diterima. Bila investasi berisiko tinggi, maka tinggi pula keuntungannya. Istilah ini dikenal dengan sebutan "high risk, high return."

Akan tetapi, bukan berarti investasi risiko rendah tidak membawa keuntungan. Investasi risiko rendah sangat cocok bagi kamu yang ingin mengambil imbal hasilnya pada jauh hari. Hal ini tentu membutuhkan kesabaran dan waktu yang panjang untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

BACA JUGA:

Sisi positif dari investasi yang berisiko rendah adalah investor tidak perlu khawatir akan kerugian, analisis besar-besaran, atau pengetahuan yang terbatas. 

Maka itu, hal ini sangat cocok untuk investor yang sibuk atau pemula. Bila kamu menginginkan berinvestasi risiko, berikut ini adalah pilihan yang cocok:

1. Investasi Deposito

Investasi deposito adalah instrumen investasi risiko rendah dari perbankan. Karena risikonya hanya berupa penurunan suku bunga akibat kebijakan Bank Indonesia (BI) dan perbankan.

Deposito merupakan produk investasi paling awam yang diketahui oleh banyak masyarakat. Bisa dikatakan bahwa ini merupakan produk investasi paling aman. Pasalnya, uang yang disimpan di deposito sudah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: