Awas Palsu! Begini Ciri-ciri Meterai Elektronik Asli

Awas Palsu! Begini Ciri-ciri Meterai Elektronik Asli

Meterai elektronik atau E-Meterai telah diterbitkan secara resmi oleh pemerintah. -dok. Kemenkeu-

Ciri-ciri meterai elektronik asli - Meterai adalah sebuah bukti bahwa seseorang sudah melunasi pajak atas dokumen tertentu. Meterai bisa juga disebut aspek legal dari suatu dokumen. 

Adapun e-meterai berfungsi sebagai bukti pelunasan pajak atas dokumen elektronik yang digunakan sebagai alat bukti di pengadilan.

e-meterai digunakan untuk aspek legal dari suatu dokumen elektronik.  e-meterai sendiri memiliki ciri khusus dan mengandung unsur pengaman yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk membayar pajak atas dokumen elektronik tertentu.

Terdapat beberapa komponen dan ciri khas yang dapat diperhatikan untuk memastikan keaslian dan validitas e-meterai, yaitu:

  1. Memiliki kode unik berupa nomor seri
  2. Terdapat gambar Garuda Pancasila selaku lambang negara
  3. Terdapat tulisan “METERAI ELEKTRONIK”
  4. Angka dan tulisan yang menunjukkan tarif bea meterai, yakni “10000” dan “SEPULUH RIBU RUPIAH”

BACA JUGA:

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2020 perihal bea materai, dimana menyebutkan materai eletronik merupakan bentuk modernisasi dari penggunaan meterai sebelumnya (meterai tempel).

Dimana Kita Bisa Membeli  e-meterai?

Melansir Siaran Pers No. 4/PR-PERURI/II/2022, PERURI (Percetakan Uang Indonesia) telah mempublikasikan beberapa distributor yang telah menjalin Kerja sama dalam pendistribusian meterai elektronik, yaitu :

  1. Peruri Digital Security dapat diakses melalui (Klik Disini)
  2. Finnet Indonesia dapat diakses melalui (Klik Disini)
  3. Mitra Pajakku dapat diakses melalui (Klik Disini)
  4. Mitracomm Ekasarana dapat diakses melalui (Klik Disini)

Meskipun distribusi e-meterai telah disediakan pada beberapa kanal, kita tetap harus berhati-hati karena di zaman canggih ini benda apa pun itu bisa dipalsukan, termasuk juga meterai fisik. 

BACA JUGA:

Untuk membedakan meterai fisik yang asli dengan yang palsu, salah satu caranya adalah dengan meraba pada bagian nominalnya. 

Pada meterai Rp 10.000, tekstur pada nominalnya dibuat sedikit kasar sebagai salah satu tanda keasliannya, karena teknologi cetak meterai khusus tersebut hanya dimiliki oleh Peruri.

Lalu Apakah Meterai Elektronik Ada yang Palsu?

Meterai elektronik nampaknya sulit untuk dipalsukan, karena e-meterai dibekali teknologi digital signature X.509 SHA 512 dan tiga fitur keamanan tambahan.

1.   OVERT, dimana 70 persen desain meterai elektronik merupakan barcode unik yang berbeda pada setiap meterai

2.   COVERT, yaitu Peruri seal yang hanya dapat dibaca dengan scanner atau aplikasi khusus dari Peruri dan signature panel yang dapat dilihat melalui aplikasi PDF Adobe Acrobat Reader

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: