Soal Penanganan Jalan Rusak di Lampung, Kementerian PUPR: Bukan Karena Viral Baru Ditangani, Tapi....

Soal Penanganan Jalan Rusak di Lampung, Kementerian PUPR: Bukan Karena Viral Baru Ditangani, Tapi....

Mobil sedan yang dinaiki Presiden Joko Widodo terlihat melintasi Jalan Terusan Ryacudu, Kota Baru, Jati Agung, Lampung Selatan, Jumat (5/5/2023)--

Penanganan Jalan Rusak di Lampung - Baru-baru ini viral soal kondisi jalan rusak parah di Provinsi Lampung. Hal itu pertama kali disuarakan oleh TikTokers bernama Bima, yang kemudian menjadi viral hingga menjadi pertentangan dengan Pemda dan Pemprov setempat. 

Saking viralnya kasus tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan sampai merasa penasaran dan ingin mengetahui langsung, bagaimana kerusakan jalanan di Provinsi Lampung tersebut. 

Tibalah waktunya, rombongan Presiden Jokowi yang didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menjajal jalanan rusak di Provinsi Lampung. 

Video mobil kepresidenan yang melintasi jalanan rusak bak sebuah roller coaster itu pun langsung viral. Sontak Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menjadi menjadi bahan "rujakan" netizen karena dianggap tidak mampu merawat jalanan di wilayahnya. 

BACA JUGA:

Singkat cerita, perbaikan jalanan di Provinsi Lampung akhirnya sebagian diambil alih oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), karena Pemda dan Pemprov terkendala soal dana perbaikan jalan tersebut. 

Jurnalis fin.co.id berkesempatan untuk melakukan wawancara khusus dengan Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S Atmawidjaja untuk membahas terkait penanganan jalan rusak di daerah, termasuk di Provinsi Lampung. 


Presiden Jokowi kunjungi jalan rusak di Lampung-Ist-

Endra membantah bahwa penanganan jalan rusak di Lampung oleh Kementerian PUPR karena hal itu terlanjur viral di sosial media. 

"Kalau jalan daerah update nya saya cuma mau bilang gini, pemerintah tidak bergerak karena ada video viral. Kita sudah menyiapkan inpres ini dari akhir tahun 2022, bahkan inpres ini kan 16 maret 2023 sudah ditandatangani sebelum videonya viral," ungkap Endra, Selasa 16 Mei 2023. 

BACA JUGA:

Perbaikan jalan rusak di Lampung mendapatkan penanganan pertama, kata Endra, bukan lantaran hal tersebut terlanjur viral. Menurutnya, hal itu dilakukan lantaran proses perencanaan yang memang sudah lebih dulu dilakukan.  

"Kenapa pemerintah datang ke Lampung dulu? betul itu karena viral, tapi bukan karena bertindak karena yang viral. Karena kita sudah bertindak duluan, kita sudah siapkan (perencanaannya, red)," ungkap Endra. 


Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah melihat secara langsung jalan yang rusak di Lampung Tengah, tepatnya jalan di Seputih Raman, Lampung Tengah, Jumat (5/5/2023). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi--

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: