Cisumdawu Tersambung Dengan Cipali, Astra Infra Siapkan Simpul Pertemuan Dua Titik Ruas Tol

Cisumdawu Tersambung Dengan Cipali, Astra Infra Siapkan Simpul Pertemuan Dua Titik Ruas Tol

Presiden Direktur PT ASTRA Tol Cipali, Firdaus Azis, saat memaparkan kesiapan Tol Cipali menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran 2023-Sigit Nugroho untuk FIN.CO.ID-

Cisumdawu Tersambung Dengan Cipali - PT ASTRA Infra Toll Road Cikopo-Palimanan (Astra Tol Cipali) mempersiapkan simpul pertemuan dua titik ruas tol, yaitu Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dengan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). 

Titik pertemuan dua ruas Tol itu yakni berada di KM 152 Tol Cipali, yang termasuk dalam jaringan Tol Trans Jawa. 

Adanya pertemuan dua ruas Tol tersebut, memudahkan masyarakat untuk mengakses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati di Jawa Barat. 

Selain itu, adanya pertemuan dua ruas tol tersebut juga membuka peluang peningkatan traffic di Tol Cipali yang dikelola Astra Tol Cipali tersebut. 

BACA JUGA:

  1. Astra Infra Rogoh Anggaran Rp800 Miliar Untuk Tambah Lajur Tol Cipali
  2. Traffic Meningkat 4.1 Persen, Begini Antisipasi ASTRA Tol Cipali Dukung Arus Mudik dan Balik Lebaran 2023

"Di bagian ujung Tol Cisumdawu yang terkoneksi dengan KM 152 Tol Cipali, kita mempersiapkan titik temu untuk mengarahkan lalu lintas pindah lajur atau taper Tol Cipali dengan Tol Cisumdawu," ujar Presiden Direktur ASTRA Tol Cipali Firdaus Azis dalam Media Gathering, Jumat 14 April 2023.

Firdaus mengatakan, ASTRA Tol Cipali berusaha untuk memastikan bahwa akses dari Tol Cisumdawu dapat lancar saat memasuki Tol Cipali.

KM 152 Tol Cipali merupakan area atau titik pertemuan antara Tol Cipali dengan Tol Cisumdawu. Pekerjaan tapering tersebut diharapkan dapat selesai pada Sabtu 15 April 2023.

"Terkait dengan Tol Cisumdawu ini sifatnya fungsional, dan berdasarkan info yang kami dapatkan, fungsional tol tersebut dibatasi mulai dari jam 6 pagi sampai dengan jam 3 sore hari," kata Firdaus.

BACA JUGA:

  1. Catat Ya! Tol Japek II Selatan Beroperasi Fungsional Hanya Untuk Arus Balik Lebaran
  2. Jasa Marga Tambah Lajur Tol Jakarta-Cikampek Demi Turunkan Rasio Kepadatan Lalin

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan untuk pengaturan lalu lintas saat Tol Cisumdawu dibuka fungsional nanti sepenuhnya akan mengikuti arahan Korlantas Polri.

Jalan Tol Cisumdawu yang akan dibuka fungsional dalam rangka mendukung arus mudik Lebaran 2023 terdiri dari Seksi 4 Cimalaka - Legok (8,2 km), Seksi 5 Legok - Ujung Jaya (14,9 km), dan Seksi 6 Ujung Jaya - Dawuan termasuk Junction Dawuan (6,065 km).

Jalan Tol Cisumdawu sebelumnya telah beroperasi pada Seksi 1 Cileunyi - Pamulihan (11,45 km) sejak Januari 2022 serta Seksi 2 Pamulihan - Sumedang (17,05 km) dan Seksi 3 Sumedang - Cimalaka (4,05 km) yang beroperasi sejak Desember 2022 sekaligus mendukung kelancaran lalu lintas kendaraan selama Natal - Tahun Baru 2022/2023.

BACA JUGA:

  1. Hutama Karya: 597 km Jalan Tol Trans Sumatera Siap Layani Pemudik Lebaran 2023
  2. 4 Cara Cek Tarif Tol, Gampang Banget

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: