Jasa Marga Tambah Lajur Tol Jakarta-Cikampek Demi Turunkan Rasio Kepadatan Lalin

Jasa Marga Tambah Lajur Tol Jakarta-Cikampek Demi Turunkan Rasio Kepadatan Lalin

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana, saat peninjauan kesiapan jalur mudik Lebaran, Selasa 11 April 2023-Sigit Nugroho untuk FIN.CO.ID-FIN

Jasa Marga Tambah Lajur Tol Jakarta-Cikampek - PT Jasa Marga (Persero) Tbk meningkatkan kapasitas lajur di Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek), dari 3 lajur menjadi 4 lajur. 

Peningkatan kapasitas itu salah satunya dalam rangka mendukung arus mudik dan balik Lebaran tahun 2023.

"Berdasarkan evaluasi tahun lalu, kita melihat adanya kapasitas di Tol Japek dan juga pada hari-hari normalnya sudah melebihi dari rasio perbandingan volume dengan kapasitas normalnya yakni 0,8, jadi memang ini merupakan program Jasa Marga untuk bisa meningkatkan kapasitas lajur di Tol Japek," ungkap Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana di Tol Jakarta - Cikampek II Selatan, Jawa Barat, Selasa.

Lisye mengatakan, peningkatan jumlah lajur itu salah satunya untuk mengakomodir kepadatan pada pertemuan antara Tol MBZ dengan Tol Jakarta-Cikampek eksisting yang menyebabkan bottle of neck. 

BACA JUGA:

  1. Jasa Marga Beri Diskon 20 Persen Kepada Pemudik, Ini Tarif Tol yang Akan Diberlakukan
  2. Jasa Marga Beri Diskon Tarif Tol 20 Persen Saat Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran, Catat Tanggal Penerapannya

"Hal tersebut memang disiapkan untuk menghadapi lonjakan angkutan Lebaran pada saat arus mudik dan balik. Jadi kapasitasnya meningkat mulai dari tadinya total enam lajur menjadi delapan lajur untuk mengakomodir angkutan Lebaran," katanya.

Peningkatan kapasitas lajur di Tol Jakarta-Cikampek ini juga dalam rangka upaya bisa mendukung rencana rekayasa lalu lintas dari KM 47 hingga KM 72 Tol Japek cukup dengan contra flow.

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk siap memberikan pelayanan optimal pada arus mudik dan balik pada Lebaran tahun ini.

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan, untuk itu Jasa Marga perlu melakukan langkah antisipasi dan menyiapkan strategi pelayanan operasi secara lebih matang untuk mewujudkan Mudik Aman Berkesan, seperti yang diamanatkan Pemerintah.

BACA JUGA:

  1. Demi Mudik Lancar, Jasa Marga Fungsionalkan 4 Akses Tambahan Termasuk Tol Jakarta-Cikampek II Selatan
  2. 2,78 Juta Kendaraan Bakal Keluar Jabotabek Lewat 3 Ruas Tol ini, Jasa Marga Siapkan Antisipasi Arus Mudik

Subakti mengatakan, Lebaran tahun ini kondisi lalu lintas diproyeksikan akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan tahun lalu, baik pada periode arus mudik maupun arus balik.

Hal ini mengingat saat ini situasi telah berangsur normal dari pandemi COVID-19, sehingga tidak lagi ada pembatasan mobilitas.

Selain kesiapan operasional, Jasa Marga juga menyiapkan strategi komunikasi dan manajemen informasi kepada para pengguna jalan tol, khususnya dalam menyampaikan himbauan dan panduan perjalanan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: