Gaspol Jelang 2024, Pengadaan Lahan Untuk Investor IKN Dikebut!

Gaspol Jelang 2024, Pengadaan Lahan Untuk Investor IKN Dikebut!

Ketua Satgas Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga-Tangkapan layar Zoom-

Pembebasan Lahan Untuk Investor IKN Sudah Mulai Jalan - Proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara terus jalan. Menjelang 2024, pemerintah melalui Otorita IKN telah mengupayakan percepatan penyediaan lahan bagi calon investor IKN, termasuk mempersiapkan mekanismenya dengan baik. 

Hal itu disampaikan oleh Ketua Satgas Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga, saat teleconference dengan Wartawan Forum Sahabat Infrastruktur, Senin 15 Mei 2023. 

Menurut Danis, penanggungjawab penyediaan lahan berada kewenangannya pada Otorita IKN.

"Ini sebenarnya (Kewenangan pengadaan lahan) ada di Otorita IKN. Tanah-tanah itu pada prinsipnya sedang disiapkan oleh Otorita, itu berdasarkan dari tanah-tanah kehutanan, itu ada dua prinsipnya, tanah kehutanan dan tanah area penggunaan lain, ada yang digunakan untuk investasi dan ada juga digunakan untuk infrastruktur," ungkap Danis. 

BACA JUGA:

Menurut Danis, seluruh proses yang kaitannya dengan investasi termasuk penyediaan lahan bagi investor, saat ini sudah mulai berjalan. 

"Prosesnya ini sedang dalam persiapan, sedang dibentuk satgas dalam rangka percepatan pengadaan tanah untuk investor, dari sisi lain kami di Kementerian PUPR, sedang menyiapkan kawasan 1B dan 1C sampai kepada kavling kavlingnya, ini insya Allah akan selesai pada akhir tahun ini, 2023, Kalau kawasan istana presiden, Kantor Kemenko ada di kawasan 1A, sedang bergerak, Sekarang sedang mengerjakan kawasan 1B 1C, itu yang akan digunakan untuk investasi," ungkapnya. 

Meski demikian, Danis memastikan bahwa proses itu tidak akan berlangsung lama. Dalam hal ini satgas penyediaan lahan sedang menghitung serta mempersiapkan mekanisme lahan bagi investor. 

"Tentu saja ada hitung-hitungannya, berapa jangka waktu belinya, sedang dihitung otorita, bukan di saya. Sebentar lagi itu sudah keluar prosesnya. Secara kontraktual paling lama Desember 2023 tapi mungkin kita upayakan lebih cepat, katakanlah di Oktober, September, dalam rangka mendukung investasi tersebut," tegas Danis. 

BACA JUGA:

Luhut Pimpin Satgas Investasi IKN Nusantara

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memimpin tim satuan tugas (task force) khusus untuk mempercepat realisasi investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dilansir Antara, Juru Bicara Menko Marves Jodi Mahardi mengatakan task force tersebut dibentuk untuk meningkatkan koordinasi antara Otorita IKN dengan kementerian/lembaga terkait percepatan investasi di IKN Nusantara.

“Untuk peningkatan koordinasi antara OIKN dan para K/L disertai dengan identifikasi masalah yang komprehensif, rencana kerja dan target penyelesaian yang jelas,” katanya, Senin 15 Mei 2023.

Sebelumnya, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono mengungkapkan pemerintah membentuk task force khusus untuk mengkoordinir antarkementerian dan lembaga terkait guna mempercepat investasi di IKN.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: