Ada Dukungan PMN Dari Pemerintah, Ini Progres Terbaru Proyek Jalan Tol Padang-Pekanbaru Milik HK

Ada Dukungan PMN Dari Pemerintah, Ini Progres Terbaru Proyek Jalan Tol Padang-Pekanbaru Milik HK

Proses pembangunan JTTS Ruas Bangkinang - Koto Kampar yang dikerjakan Hutama Karya-Istimewa-Hutama Karya

Progres Terbaru Proyek Jalan Tol Padang-Pekanbaru Milik HK - PT Hutama Karya (Persero) atau HK tengah melakukan pembangunan terhadap proyek Jalan TOl Padang-Pekanbaru. 

Tol Padang - Pekanbaru sendiri merupakan koridor penghubung jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) garapan Hutama Karya. 

Pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru itu dibagi menjadi 6 (enam) seksi, dan akan menghubungkan konektivitas provinsi Sumatera Barat dan Riau dengan total panjang 254 km.

Direktur Operasi III PT Hutama Karya (Persero) Koentjoro, menjelaskan, pembangunan jalan Tol Padang-Pekanbaru telah mengalami kemajuan yang cukup signifikan. 

BACA JUGA:

“Dari total enam seksi, Hutama Karya telah mengoperasikan jalan tol seksi Pekanbaru - Bangkinang pada bulan September 2022 dan diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi pada bulan Januari 2023 lalu. Selain itu, jalan tol Bangkinang - Koto Kampar dan Seksi Padang - Sicincin tengah dikejar penuntasannya agar dapat sesuai target rencana,” ujar Koentjoro dalam keterangan tertulisnya, Selasa 16 Mei 2023. 

Lebih rinci, Koentjoro menjelaskan progres konstruksi jalan tol Bangkinang - Koto Kampar sepanjang 24,7 km telah mencapai 75,13 persen untuk pengerjaan konstruksi, dan 90,72 persen untuk progres pengadaan lahan. 

Selain itu, progres pengadaan lahan jalan tol Seksi Padang - Sicincin dengan panjang mencapai 36,6 km sudah mencapai 85,82 persen, dengan progres konstruksi mengalami kemajuan mencapai 36,57 persen. 

Sementara itu, 3 (tiga) seksi Jalan Tol Padang - Pekanbaru lainnya, yaitu Sicincin - Bukittinggi, Bukittinggi - Payakumbuh, dan Payakumbuh - Koto Kampar akan dilaksanakan pada tahap IV pembangunan JTTS.

BACA JUGA:

Jalan tol Bangkinang - Koto Kampar nantinya akan dilengkapi sejumlah fasilitas struktur diantaranya 13 box underpass, 9 box pedestrian, 7 main bridge, 4 overpass, dan 1 barrier gate, 2x2 jumlah lajur dengan kecepatan rencana mencapai 80 km/jam. 

Pembangunan jalan tol yang ditargetkan rampung pada akhir tahun 2023 mendatang ini juga mendapatkan dukungan penuh oleh Pemerintah Provinsi Riau. 

Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Riau Job Kurniawan mengatakan, keberadaan JTTS akan berdampak besar bagi masyarakat.

“Keberadaan JTTS ini diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan barang dan jasa, sehingga daya saing di Provinsi Riau akan semakin meningkat. Karenanya Pemprov Riau siap mendukung segala sesuatu kebutuhan untuk pembangunan proyek nasional itu," ungkap Job Kurniawan, dilansir dari Antara.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: