Kota Solo Dilanda Banjir, Ribuan Warga Mengungsi

Kota Solo Dilanda Banjir, Ribuan Warga Mengungsi

Banjir di Kelurahan Jagalan Solo, Kamis (16/2/2023). ANTARA--

Kota Solo Dilanda Banjir, Ribuan Warga Mengungsi- Kota Solo Jawa Tengah diterjang banjir di sejumlah kelurahan pada Kamis 16 Februari 2023.

Banjir terjadi setelah hujan deras yang mengguyur Kota Solo sejak pukul 14.00 WIB. Setidaknya terdapat 15 kelurahan yang terdampak banjir hingga ribuan warga mengungsi. 

Demikian disampaikan Kepala BPDB Kota Solo, Nico Agus Putranto. 

Kalau yang terdampak totalnya ada 10 ribuan jiwa. Ada yang mengungsi ada yang bertahan di rumah," kata Kepala BPDB Kota Solo, Nico Agus Putranto kepada wartawan. 

BACA JUGA:Banjir Solo Berpotensi Meluas, 10 Ribu Warga Terdampak

BACA JUGA:Tanggap Bencana Banjir Ijen Bondowoso, BRI salurkan Bantuan Bagi Warga Terdampak

Nico memperkirakan banjir masih terus melanda sebab hujan masih mengguyur dengan intensitas lebat. 

"Masih dimungkinkan berkembang lagi karena di Boyolali juga masih hujan deras sehingga kiriman air dari sana terus masuk ke Solo. Ini di wilayah Laweyan dan Pajang juga sudah mulai terjadi luapan," katanya.

Informasi yang dihimpun, banjir terjadi di Kelurahan Jagalan, Gandekan, Sudiroprajan, Pucangsawit, Semanggi, Joyosuran, Sangkrah, Kedung Lumbu, Mojo, dan Joyontakan. Ketinggian air bervariasi mulai dari 30 cm hingga 1,5 meter.

BACA JUGA:Skala Prioritas Musrenbang Rajeg 2024: Banjir, Sampah dan Kemacetan

BACA JUGA:Banjir Bandang Freeport, Ini Penjelasan Vice President Corporate Communications PT.Freeport Indonesia

Sementara itu, Ketua Relawan komunitas Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) PMI Kampung Sewu Solo, Budi Utomo mengatakan, ketinggian air Sungai Bengawan Solo sudah di siaga kuning sejak Rabu kemarin, 15 Februari 2023 karena intensitas hujan yang tinggi.

"Ditambah dengan curah hujan yang makin meningkat mulai siang ini, saat ini kondisi ketinggian air Sungai Bengawan Solo sudah di tingkat waspada merah. Maka kami mengimbau warga untuk makin waspada," ujarnya, Kamis malam, 16 Februari 2023. 

Menurutnya, wilayah bantaran Sungai Bengawan Solo khususnya di Kamlung Sewu sudah terdampak banjir hingga sepinggang orang dewasa. Belasan warga juga telah mengungsi ke masjid kampung.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: