Hujan 24 Jam, Dubai Dilanda Banjir, Instansi Pemerintah dan Swasta Diliburkan

Hujan 24 Jam, Dubai Dilanda Banjir, Instansi Pemerintah dan Swasta Diliburkan

Dubai dilanda badai dan banjir-Abdel Hadi Ramahi/Reuters-

FIN.CO.ID- Dubai dilanda banjir besar pada hari Selasa 16 April 2024, setelah hujan mengguyur selama 24 jam. Menurut catatan BMKG setempat, hujan tersebut pertama kali dalam 2 tahun terakhir. 

Menurut Kantor Meteorologi Dubai, banjir setinggi lebih dari setengah kaki atau 6,26 inci, tercatat di kota Uni Emirat Arab antara pukul 10 malam.  

Dubai menerima curah hujan rata-rata 3,12 inci per tahun, menurut Organisasi Meteorologi Dunia, yang berarti curah hujan selama dua tahun turun dalam 24 jam.

BACA JUGA:

Semua instansi pemerintah Dubai dan sekolah swasta diliburkan. Para pegawai pemerintah dipersilahkan bekerja dari rumah karena kondisi cuaca. 

Kota Dubai menerima hampir semua hujan tahunannya (lebih dari 92%) antara bulan November dan Maret. Rata-rata, Dubai biasanya menerima hanya 0,13 inci hujan selama bulan April.

Penilaian Iklim Nasional Kelima pemerintah AS menyebut, perubahan iklim yang diperburuk oleh aktivitas manusia menyebabkan kejadian curah hujan dan banjir ekstrem menjadi lebih sering dan intens. 

Curah hujan ekstrem yang lebih intens juga meningkatkan frekuensi dan skala banjir bandang karena jumlah air yang masuk melebihi kemampuan infrastruktur yang dibangun.

Perubahan iklim dapat meningkatkan intensitas, frekuensi dan variabilitas kejadian cuaca ekstrem. (*) 

BACA JUGA:

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: abcnews