Tragedi Kanjuruhan Membuka Tabir Gelap Sepak Bola Indonesia: Pengamat: Banyak Stadion Tidak Layak

Tragedi Kanjuruhan Membuka Tabir Gelap Sepak Bola Indonesia: Pengamat: Banyak Stadion Tidak Layak

Penampakan dari Atas Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur--kanjuruhan.weebly.com

JAKARTA,  FIN.CO.ID- Tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur pada Sabtu, 1 Oktober 2022 merupakan titik kulminasi dari salah urus bidang olahraga di Tanah Air. 

Jatuhnya korban 135 jiwa, termasuk puluhan anak-anak, serta ratusan korban luka lainnya, membuat ofisial dan penggemar dipaksa untuk melihat bagaimana kegagalan induk federasi sepak bola Indonesia (PSSI) dalam mengurus seluruh aspek olahraga rakyat tersebut.

Pengamat sepak bola nasional, Sigit Nugroho mengatakan, kejadian di Kanjuruhan membuka tabir kelam kondisi sepak bola Indonesia. Ia menyoroti banyaknya infrastruktur stadion yang sudah tak lagi kokoh dan tidak memiliki standar baku versi Asian Football Confederation (AFC). 

BACA JUGA:Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan Datangi Bareskrim Polri, Sebut Irjen Pol. Nico Afinta Belum Diproses Hukum

Menurutnya, standardisasi stadion di sepak bola Indonesia sudah baku sebagaimana ditetapkan oleh AFC, yakni dari regulasi stadion, pencahayaan stadion hingga keamanan dan pengamanan dalam stadion. 

“Standarisasi stadion di Indonesia sudah baku, jika mengacu pada versi AFC yang tertuang dalam 3 standar AFC. Yakni, regulasi stadion, pencahayaan dalam stadion (min 1200 lux), dan regulasi keamanan dan pengamanan,” ujar Sigit saat dikonfirmasi,” Rabu 14 Desember 2022.

Lanjut Sigit, tiga standar itu harus memenuhi beberapa poin, mulai dari jarak stadion ke bandara, fasilitas lain seperti ruang ganti, toilet hingga media.

BACA JUGA:Buntut Tragedi Kanjuruhan, Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi Jalani Pemeriksaan Kelayakan

Sayangnya, poin-poin ini tidak dipenuhi oleh pengelola stadion dan parahnya diabaikan oleh pihak federasi sepak bola Indonesia (PSSI) yang memiliki hak penuh dalam mengawasi hal tersebut.

“Di dalamnya menyangkut berbagai aspek seperti jarak stadion dari bandara (maks 200 km dan/atau 2,5 jam waktu tempuh dari bandara), fasilitas-fasilitas standar seperti ruang ganti, toilet, media, broadcast dll.

Beberapa stadion di Indonesia sudah memiliki itu, tapi banyak yang belum,” ujarnya.

BACA JUGA:Fakta Baru Tragedi Kanjuruhan, Tembakan Gas Air Mata Secara Sistematik, Puluhan Orang Meninggal di Tribune

Yang membuat hal ini semakin parah, kata Sigit Nugroho, adalah keterlibatan kepentingan pribadi oknum pejabat PSSI dalam memutuskan kelayakan stadion tersebut.

Hal itu tercermin dari keputusan memilih stadion Kanjuruhan sebagai tempat pertandingan Liga 1. Padahal, stadion Kanjuruhan belum memenuhi standar baku AFC.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: