Kamis, Dana Bantuan Pembangunan Rumah Korban Gempa Rp50 Juta Dipastikan Cair

Kamis, Dana Bantuan Pembangunan Rumah Korban Gempa Rp50 Juta Dipastikan Cair

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung lokasi terdampak gempa bumi di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, pada Selasa, 22 November 2022. --

CIANJUR, FIN.CO.ID - Dana bantuan pembangunan rumah rusak akibat gempa Cianjur dipastikan cair pada Kamis, 8 Desember 2022.

Dana bantuan rumah rusak akibat gempa Cianjur mulai dari Rp10 juta hingga Rp50 juta.

Penegasan tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat kembali mendatangi lokasi gempa magnitudo 5,6 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Selain itu, Jokowi juga mengatakan pembangunan rumah relokasi untuk korban gempa di Cianjur dilakukan mulai Senin, 5 Desember 2022.

BACA JUGA:Janji Menteri PUPR: Pembangunan Rumah Korban Gempa Cianjur Tuntas Sebelum Lebaran 2023

"Mulai hari ini (Senin) saya pastikan pembangunan rumah relokasi di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, dimulai dan hari hari Kamis (8/12) setelah seluruh verifikasi rumah rusak selesai bantuan Rp50 juta, Rp25 juta dan Rp10 juta mulai disalurkan," katanya di Posko pengungsian Cijedil, Kecamatan Cugenang, Senin, 5 Desember 2022.

Untuk pembangunan rumah warga yang rusak dapat dilakukan secara bergotong royong.

Tujuannya, agar ada pergerakan perekonomian, terlebih hingga pekan ketiga usai gempa warga masih bertahan di posko pengungsian.

BACA JUGA:Kemensos Pasang 4.500 Palet di Posko Pengungsi Cianjur, Beri Kenyamanan bagi Penyintas

Setelah diserahkan bantuan mereka dapat kembali ke rumahnya masing-masing.

"Bantuan yang bukan relokasi, akan diserahkan langsung, ada yang melalui tabungan," katanya.

Total penerima bantuan gempa di Cianjur sekitar 56 ribu pemilik rumah akan secepatnya menerima uang pembangunan rumah kembali, sehingga pembangunannya dapat dengan cepat dilakukan dan segera selesai dalam waktu cepat, kata Presiden.

BACA JUGA:Korban Jiwa Akibat Gempa Cianjur Bertambah 2 Lagi, Total Jadi 331 Orang

"Penerima cukup banyak diharapkan semua tersalurkan sehingga ada pergerakan perekonomian saat dilakukan pembangunan. Masyarakat dapat segera kembali ke rumah dan tidak lagi tinggal di posko pengungsian," kata Jokowi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: