Penuhi Undangan ke Australia, AHY Bertukar Pendapat dengan Para Akademisi

Penuhi Undangan ke Australia, AHY Bertukar Pendapat dengan Para Akademisi

AHY dan para akademisi Australia (ist) --

AUSTRALIA, FIN.CO.ID- Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendapat sambutan hangat dari para akademisi ahli Indonesia (Indonesianist) dalam kunjungannya selama seminggu di Australia.

Di Canberra, AHY memenuhi undangan diskusi dari Prof. Edward Aspinall dan Dr. Eve Warburton di Australia National University (ANU). Diskusi ini berlangsung hangat dan informal namun tertutup. Turut hadir Prof. Hal Hil, beberapa akademisi Australia lainnya maupun sejumlah mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh program doktor.

Di Melbourne, AHY diterima oleh pimpinan Monash University serta berdiskusi dengan Herb Feith Center, yang didirikan sebagai penghormatan pada mendiang Prof. Herbert Feith, perintis studi tentang Indonesia di Australia, yang meninggal di Jogjakarta.

BACA JUGA:Diundang ke Australia, AHY Terima Ucapan Duka dan Simpati Bagi Korban Gempa di Cianjur

Berkat rintisan Prof. Feith, studi tentang Indonesia berkembang pesat, serta meluas ke berbagai universitas lainnya di Australia. Usai diskusi, AHY diajak keliling melihat-lihat pengembangan teknologi yang dilakukan para mahasiswa Monash, serta makan siang bersama para mahasiswa Indonesia yang sedang studi di sana.

Di University of Melbourne, AHY diundang diskusi oleh Prof. Vedi Hadiz, orang Indonesia yang menjadi profesor penuh di sana. Prof. Hadiz dikenal kritis terhadap praktek penyelenggaraan kekuasaan di Indonesia.

Kunjungan AHY ini dilakukan atas undangan Departemen Luar Negeri dan Perdagangan (DFAT) Australia, dalam rangka mempererat hubungan kedua negara.

BACA JUGA:Diundang Pemerintah Australia, AHY Temui Sejumlah Pejabat dan Akademisi Australia

Selain dengan para akademisi, AHY juga bertemu dan berdiskusi dengan sejumlah pejabat tinggi Australia, maupun dengan Dubes RI di Australia dan Konsul Jenderal RI di Sydney maupun di Melbourne.

Diantara jadwal yang padat, AHY menyempatkan diri bertemu dengan masyarakat Indonesia, termasuk barbekyu bersama diaspora Indonesia di Melbourne serta sholat berjamaah di masjid setempat.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: