Diundang Pemerintah Australia, AHY Temui Sejumlah Pejabat dan Akademisi Australia

Diundang Pemerintah Australia, AHY Temui Sejumlah Pejabat dan Akademisi Australia

AHY diundang pemerintah Australia-Istimewa-

CANBERRA, FIN.CO.ID- Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendapat sambutan hangat dari sejumlah pemimpin politik dan pemerintah Australia dalam rangkaian kunjungan di Sydney, Canberra dan Melbourne.

Selain itu, AHY juga berdiskusi dengan para akademisi terkemuka di kampus-kampus besar di Australia, serta bertemu juga dengan masyarakat Indonesia di sana.

“Kunjungan saya kali ini untuk memenuhi undangan pemerintah Australia. Dulu, terakhir saya ke Australia menjalankan misi kerja sama militer. Kali ini, saya kembali memperkuat relasi bilateral Indonesia-Australia untuk mengokohkan fondasi perdamaian dan stabilitas kawasan di Indo-Pasifik,” kata alumnus Kennedy School of Government, Harvard University tersebut. 

BACA JUGA:Kader Demokrat Bilang Begini Terkait Munas HIPMI Ricuh di Solo Berujung Viral

Di Canberra, AHY melakukan kunjungan kehormatan pada Gubernur Jenderal Australia Jend. Purn. David J. Hurley, selaku Kepala Negara Australia, sekaligus simbol perwakilan Raja Inggris. 

AHY juga berdiskusi dengan Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Australia Penny Wong, Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Pertahanan Richard Marles, Menteri Industri dan Science Ed Husic, warga Muslim pertama yang menjadi menteri dalam kabinet pemerintahan PM Anthony Albanese dan juga politisi dari Partai Liberal, yang sekarang menjadi oposisi. 

“Ada banyak isu-isu fundamental yang kami diskusikan, untuk pembangunan ekonomi, demokrasi dan juga meningkatkan hubungan bilateral AusIndo, seperti yang dulu dilakukan oleh Presiden SBY,” ujar pria kelahiran Bandung tersebut. 

Dalam berbagai kesempatan pertemuan tersebut, AHY menyampaikan sejumlah isu pokok.

BACA JUGA:Puan dan AHY Paling Cocok Jadi Cawapres Anies di Pemilu 2024, Menurut Survei LSI

“Pada tataran global, saya menyoroti multilateralisme yang bermasalah, juga rivalitas AS dan China di kawasan Indo-Pasifik. Sebagai negara "middle power", saya berharap Indonesia dan Australia bisa bersama-sama menjaga stabilitas kawasan di Indo-Pasifik,” lanjutnya.

Selain itu, AHY menyampaikan tiga tantangan dan peluang bagi hubungan bilateral Indonesia dan Australia. “Pertama, hubungan politik kita terjalin sangat baik, namun kita harus meningkatkan kerja sama ekonomi kedua negara, khususnyadalam bidang perdagangan dan investasi. 

BACA JUGA:Deklarasi Koalisi Perubahan Batal, Ketum Demokrat AHY: Bangun Koalisi Bukan Hal Sederhana

Kedua, "trust" atau rasa saling percaya adalah kunci penting bagi hubungan kedua negara sahabat ini. Ketiga, hubungan antara warga Indonesia dan Australia atau "people-to-people contact" menjadi "key driver" dan elemen penting bagi kedua negara,” AHY menjelaskan.

AHY juga berkesempatan berdiskusi dengan Shadow Minister di bidang Luar Negeri Senator Simon Birmingham, dari Partai Liberal yang menjadi partai oposisi pemerintah saat ini.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: