Gempa Bumi Terkini 20 November 2022: Guncang Pangandaran Berskala 5,3 Magnitudo

Gempa Bumi Terkini 20 November 2022: Guncang Pangandaran Berskala 5,3 Magnitudo

Gempa bumi guncang Pangandara, Jawa Barat, Minggu, 20 November 2022.-BMKG-

Data Badan Geologi mencatat bahwa sebaran permukiman penduduk yang terlanda guncangan gempa bumi terletak pada kawasan rawan bencana (KRB) gempa bumi menengah hingga tinggi.

BACA JUGA:BMKG Ungkap Penyebab Gempa Dangkal M 5.1 di Nias Selatan

Gempa bumi itu tidak menyebabkan tsunami meskipun lokasi pusatnya terletak di laut, namun tidak mengakibatkan terjadinya deformasi bawah laut yang dapat memicu kejadian tsunami.

Menurut data Badan Geologi, pantai di Provinsi Bengkulu tergolong rawan bencana tsunami dengan potensi tinggi tsunami di garis pantai lebih dari tiga meter.

Badan Geologi merekomendasikan bangunan di Pulau Enggano, Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Utara, dan Kabupaten Bengkulu Selatan harus dibangun menggunakan konstruksi bangunan tahan gempa bumi guna menghindari dari risiko kerusakan serta harus dilengkapi dengan jalur dan tempat evakuasi.

BACA JUGA:Badan Geologi Ungkap Penyebab Gempa M 5.5 Banten dan Rawannya Tsunami di Daerah Itu

Selain itu, pemerintah daerah setempat juga harus meningkatkan upaya mitigasi tsunami melalui mitigasi struktural dan mitigasi nonstruktural mengingat daerah pantai di Provinsi Bengkulu tergolong rawan tsunami.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tiyo Bayu Nugro

Tentang Penulis

Sumber: