6 Fakta Ledakan Bom di Istanbul Turki, Nomor 3 Sosok Pelaku Terungkap

6 Fakta Ledakan Bom di Istanbul Turki, Nomor 3 Sosok Pelaku Terungkap

Tim medis berada di kawasan Istiklal Avenue, Istanbul., Turki , saksi bisu ledakan bom yang menewaskan 6 orang warga dan menyebabkan 81 lainnya luka-luka, Minggu, 13 November 2022--Reuters

"Serangan berbahaya. Mereka yang bertanggung jawab akan dihukum," kata Erdogan dilansir Reuters, Senin 14 November 2022.

Erdogan mengatakan, saat ini penyelidikan sedang dilakukan. Tetapi laporan awal menunjukkan bahwa serangan bom itu merupakan tindakan terorisme. 

"Informasi pertama yang diberikan kepada kami oleh gubernur (Istanbul) menunjukkan ini adalah tindakan terorisme," kata Erdogan.

BACA JUGA:Penumpang Mabuk Pukul Crew Turkish Airlines, Pesawat Terpaksa Mendarat Darurat

Wakil presidennya, Fuat Oktay, mengatakan seorang penyerang wanita telah meledakkan bom di jalan perbelanjaan yang ramai.  

"Siapa pun yang berada di balik peristiwa ini, mereka akan ditemukan, bahkan jika mereka pergi ke ujung dunia yang lain," kata Wakil Presiden Turki.

Ledakan itu mengguncang gedung-gedung di sekitar Istiklal Avenue. Kawasan itu merupakan pusat Kota Istanbul yang ramai dengan pejalan kaki. 

Video yang diposting online dari saat serangan itu menunjukkan orang-orang yang ketakutan berlarian dan berusaha mencari perlindungan di toko-toko terdekat saat bola api mengepul saat ledakan. 

BACA JUGA:Pemilik Toko Tewas Terikat di Rawalumbu Kota Bekasi, 5 Orang Saksi dan CCTV Diperiksa

“Ketika saya mendengar ledakan itu, saya ketakutan, orang-orang membeku, saling memandang. Kemudian orang-orang mulai melarikan diri. Apa lagi yang bisa kamu lakukan?” kata Mehmet Akus (45) seorang pekerja di sebuah restoran di jalan tersebut.

“Kerabat saya menelepon saya, mereka tahu saya bekerja di stiklal. Saya meyakinkan mereka," katanya kepada Reuters.

Rekaman CCTV dari saat serangan yang didistribusikan oleh Reuters, menunjukkan puluhan pejalan kaki di titik ramai mencari perlindungan di antara bangku beton dan toko-toko di sekitarnya. 

Saat asap menghilang, setidaknya empat mayat tergeletak di tanah sementara orang-orang yang terjatuh berusaha bangkit dan melarikan diri.

BACA JUGA:Link Nonton Home Alone, Nostalgia Film Liburan 90'an

6. Turki Di Serang Bom

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: