Putaran Kedua Pilpres Turki: Erdogan Menang Telak, Raih 52 Persen Suara!

Putaran Kedua Pilpres Turki: Erdogan Menang Telak, Raih 52 Persen Suara!

Kemal Kılıçdaroğlu dan Erdogan--

Erdogan Menang Pemilu Turki, Raih 52 Persen Suara! -  Presiden Recep Tayyip Erdogan memenangkan pemilihan presiden (Pilpres) Turki, dalam putaran kedua yang digelar pada Minggu kemarin 28 Mei 2023.

Erdogan mengalahkan pemimpin oposisi Kemal Kilicdaroglu dengan suara masuk sebesar 99,43% suara yang telah dihitung. 

Hasil resmi awal yang diumumkan oleh Dewan Pemilihan Tertinggi Turki (YSK), Erdogan peroleh suara dalan putaran kedua ini sebesar 52,14 persen. Sementara pesaingnya 47,86 persen. 

Dengan demikian, Erdogan yang kini berusia 69 tahun itu, menjadi Preisden Turki tiga periode. 

BACA JUGA:Jelang Pilpres Putaran 2, Erdogan: 85 Juta Warga Turki akan Jadi Pemenang

Erdogan berpidato dihadapan ribuan pendukungnya di luar kompleks kepresidenan di Ankara, dia mengatakan agar tetap bersatu kembali setelah adanya perdebatan tentang Pilpres. 

“Kami bukan satu-satunya pemenang, pemenangnya adalah Turki. Pemenangnya adalah semua bagian dari masyarakat kita, demokrasi kita adalah pemenangnya,” kata Erdogan dilansir dari CNN Internasional, Senin 29 Mei 2023.

Erdogan mengatakan di antara prioritas utama pemerintah adalah memerangi inflasi dan menyembuhkan luka dari bencana gempa bumi pada 6 Februari yang merenggut lebih dari 50.000 nyawa di Turki dan negara tetangga Suriah.

BACA JUGA:Recep Tayyip Erdogan Diprediksi Unggul di Putaran Kedua Pemilu Turki, Ada Potensi Campur Tangan Amerika

Sementara itu, Kilicdaroglu mengatakan, dirinya akan tetap berjuang sampai ada demokrasi sejati di Turki. Dia menilai pemilu tersebut tidak adil. 

“Ini adalah periode pemilihan yang paling tidak adil dalam sejarah kami… Kami tidak tunduk pada iklim ketakutan,” katanya. 

“Dalam pemilihan ini, keinginan rakyat untuk mengubah pemerintahan otoriter menjadi jelas terlepas dari semua tekanan.”

BACA JUGA:Perhitungan Suara Pilpres Turki: Erdogan Unggul Sementara

Para pemimpin asing termasuk Rusia, Qatar, Libya, Aljazair, Hongaria, Iran dan Otoritas Palestina adalah yang pertama memberi selamat kepada Erdogan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: