Apa Itu Tumor Otak, Penyakit Sertu Rizka Nurjanah yang Buat Jenderal Andika Menangis

Apa Itu Tumor Otak, Penyakit Sertu Rizka Nurjanah yang Buat Jenderal Andika Menangis

Sertu Rizka Nurjanah, prajurit Kowad yang pernah membuat Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menitikkan air mata.-Screenshot Twitter/@tni_ad-

Rujukan tumor otak dilansir dari laman rskariadi.co.id terkait tumor otak yang ditulis oleh dr. Aditya Kurnianto, Sp.S dan Dr. dr. Dodik Tugasworo Pramukarso, Sp.S(K).

BACA JUGA:Sertu Rizka Nurjanah Meninggal Dunia Akibat Tumor Otak

Tertulis jelas kalau tumor otak adalah penyakit yang timbul akibat tumbuhnya jaringan abnormal di otak. Tergantung jenisnya, tumor otak ada yang bersifat jinak maupun ganas.

Munculnya tumor di otak bisa berasal dari jaringan otak itu sendiri (atau disebut tumor otak primer), bisa juga berasal dari kanker pada organ lain yang menyebar ke otak (tumor otak sekunder).

Gejala Tumor Otak

Gejala tumor otak berbeda-beda tergantung jenisnya. Gejala yang muncul dipengaruhi oleh ukuran, kecepatan pertumbuhan, dan lokasi tumor. Tumor otak yang berukuran kecil sering kali tidak menimbulkan 

Seiring berkembangnya tumor otak, dapat muncul gejala berupa sakit kepala, gangguan saraf, atau kejang.

BACA JUGA:Sertu Bayu Dituduh Jual Amunisi ke Kelompok Separatis Teroris di Papua, Panglima TNI Bilang Begini

Penyebab Tumor Otak

Tumbuhnya tumor otak disebabkan oleh perubahan atau mutasi genetik di dalam sel otak. Penyebab perubahan genetik ini masih belum diketahui.

Namun, terdapat beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena tumor otak, yaitu: (1) Usia, (2) Keturunan, (3) Pernah menjalani radioterapi, (4) Diagnosis dan Pengobatan Tumor Otak.

Dokter akan melakukan pemeriksaan saraf dan pemeriksaan pencitraan, seperti CT scan atau MRI otak untuk melihat adanya tumor otak.

Kemudian dokter akan menentukan jenis tumor otak melalui biopsi tumor, yaitu pengambilan sampel jaringan tumor untuk diperiksa dengan mikroskop.

BACA JUGA:Ini Nama yang Sudah Dikantongi Jokowi untuk Calon Pengganti Panglima TNI Andika Perkasa

Penentuan jenis tumor ini akan membantu dokter untuk memperkirakan keparahan penyakit dan merencanakan pengobatan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tiyo Bayu Nugro

Tentang Penulis

Sumber: