Agar Tidak Boros dan Tetap Tenang Seusai Travelling, Berikut 4 Tipsnya!

Agar Tidak Boros dan Tetap Tenang Seusai Travelling, Berikut 4 Tipsnya!

Ilustrasi - kredit fiktif --

JAKARTA, FIN.CO.ID -- Menyambut akhir tahun 2022 yang diikuti dengan pelonggaran kebijakan pemerintah dalam membuka kembali daerah-daerah wisata, aktivitas travelling pun sudah mulai aktif kembali. 

Masyarakat kini mulai menyisihkan sebagian waktu dan penghasilannya untuk travelling. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bahkan optimis target pergerakan perjalanan wisatawan dalam negeri akan naik hingga 1,4 miliar kali pada 2023. 

BACA JUGA:Spesial Bulan Oktober, Dufan Gelar Werewolf Halloween Night 2022

BACA JUGA:Dukung Potensi Lulusan SMK, Waringin Hospitality Berikan Beasiswa Bagi Best Trainee 2022

Windy Riswantyo selaku Marketing & Alternate Channel Group Head Astra Life (PT. Asuransi Jiwa Astra) mengatakan, “Kami melihat meningkatnya kegiatan travelling sebagai salah satu indikator yang baik dimana aktivitas masyarakat mulai kembali normal. Dalam kesempatan Bulan Inklusi Keuangan 2022 yang dicanangkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selama bulan Oktober ini, kami mengajak masyarakat agar dapat lebih bijak mengelola keuangan termasuk dalam mengelola dana travelling agar tidak mengganggu pos dana untuk kebutuhan lainnya, sehingga tetap tenang saat dan setelah travelling usai," ujar Winda dalam keterangan tertulisnya, Jumat 28 Oktober 2022. 

Ajakan untuk memiliki perencanaan keuangan untuk liburan agar tetap tenang tersebut dapat disimak melalui 4 tips berikut:

1. Alokasi anggaran dan susun Itinerary

Agar tidak tercampur dengan pos keuangan lainnya. Tentukan pos keuangan khusus untuk travelling. Pastikan dana sudah disiapkan dan disarankan tidak mengganggu pos keuangan lainnya. 

BACA JUGA:Kronologis 4 Pendaki Tersesat di Gunung Kelud hingga Akhirnya Ditemukan dengan Selamat

BACA JUGA:Melihat Kemegahan Masjid Raya Baiturrahman Semarang, Ikon Jawa Tengah Dibangun dengan Biaya Rp92,58 Miliar

Jika sudah dipikirkan akan travelling dari jauh hari, menabung jadi cara awal yang direkomendasikan. Sehingga dapat lebih disiplin untuk dapat mencapai target. 

Setelah anggaran sudah disiapkan, itinerary jadi suatu kewajiban yang harus disusun agar liburan semakin aman dan nyaman, terutama soal dana yang sudah dialokasikan. 

Tentukan kota serta destinasi mana yang akan dikunjungi sesuai dengan minat agar tidak merasa bosan. Jika memutuskan untuk pergi ke luar negeri, pastikan persyaratan vaksin sudah sesuai dengan negara yang dituju. 

Agar alokasi dana masih sesuai rencana, tidak semua destinasi harus dikunjungi. Tentukan prioritas destinasi agar tidak kehabisan waktu jika terjadi kendala di tengah perjalanan. 

Sumber: