Indah dan Megah, Inilah 8 Destinasi Wisata di Turki yang Harus Dikunjungi

Indah dan Megah, Inilah 8 Destinasi Wisata di Turki yang Harus Dikunjungi

Kota Tua Phaselis Turki. Dok. Ist--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Belakangan ini, Turki menjadi salah satu destinasi wisata yang sedang naik daun. Pasalnya, tiket pesawat dari tanah air menuju Turki tergolong relatif terjangkau. Selain itu, ada berbagai daya tarik yang memiliki nilai sejarah tersendiri di negara ini.

Jika Anda ingin berwisata ke Turki, hal pertama yang wajib Anda tentukan adalah maskapai yang tepat untuk penerbangan ke negara tersebut. Salah satu maskapai paling recommended adalah Turkish Airlines.

Simak rekomendasi tempat wisata yang indah dan megah di Turki berikut ini!

1.   Istana Topkapı

Bangunan peninggalan sejarah yang menjadi tempat tinggal resmi Sultan Utsmaniyah ini telah berumur ratusan tahun. Selain bangunan utamanya yang berarsitektur megah, kompleks istana juga diisi oleh bangunan-bangunan kecil bekas hunian warga pada zaman itu.

Istana ini merupakan bukti peninggalan era kejayaan umat muslim. Selain suasananya yang indah, terdapat daya tarik utama yang terdapat di sini, yaitu jubah dan pedang Nabi Muhammad SAW.

Bangunan yang masuk ke dalam area Wilayah Bersejarah Istanbul ini telah menjadi museum sejak tahun 1924. Faktanya, destinasi ini merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO, lho!

2.   Grand Bazaar

Terletak di Istanbul, Grand Bazaar merupakan salah satu tempat wisata yang populer untuk para wisatawan yang berkunjung di Turki. Selain letaknya yang mudah dijangkau, ada berbagai macam barang yang dijual di pasar tertutup tertua dan terbesar di dunia ini.

Di sini, Anda bisa membeli berbagai cinderamata khas Turki, mulai dari kerajinan karpet, lampu, keramik, perhiasan, bantal, hingga produk makanan.

Namun, Anda sebaiknya merencanakan barang yang akan Anda beli terlebih dahulu sebelum berkunjung. Pasalnya, Grand Bazaar adalah pasar yang sangat luas dan tak cukup sehari untuk mengeksplor satu persatu kios yang tersedia.

3.   Basilica Cistern

Selain istana, ada daya tarik lain yang cukup unik di Istanbul, yaitu Basilica Cistern. Bangunan ini dulunya merupakan lokasi penyimpanan air bersih di bawah tanah untuk istana raja Byzantium.

Saat pertama kali melangkahkan kaki di sini, Anda akan menemui pintu masuk yang tampak sederhana dari luar. Namun, setelah Anda masuk, Anda akan disuguhkan arsitektur megah nan bersejarah ala Turki. Pilar-pilar marmer menjulang tegak dengan ukiran menakjubkan berbentuk kepala Medusa.

Lalu, Anda akan bertemu lantai yang tergenang air dengan ikan-ikan karper yang berenang di ‘kolam lantai’ ini.

4.   Menara Galata

Landmark kota Istanbul yang satu ini berwujud menara tua yang terbuat dari batu setinggi 66 meter dan berdiameter 16 meter. Bentuk ujung menaranya adalah kerucut silinder.

Konon, menara ini dulunya adalah lokasi untuk mengawasi pertahanan kota. Setelah itu, menara ini sempat beralih fungsi menjadi tempat untuk melihat sumber kebakaran yang terjadi di kota Istanbul.

Namun, menara ini sempat mengalami beberapa periode kerusakan karena berbagai macam akibat, termasuk kebakaran dan badai. Kemudian, menara ini mengalami restorasi beberapa kali hingga berdiri menjulang dengan tegak dan dibuka untuk tempat wisata seperti sekarang.

Di sini, Anda bisa menyaksikan situasi distrik Galata dari ketinggian. Bahkan, Anda diperbolehkan naik hingga ke puncaknya, lho!

5.   Selat Bosporus

Jika Anda ingin mengunjungi objek wisata yang sedikit lain, Selat Bosphorus adalah destinasi yang tepat.

Untuk menikmati keindahan selat yang menghubungkan Laut Hitam dengan Laut Marmara ini, Anda bisa menuju ke Jembatan Bosphorus atau Jembatan Fatih Sultan Mehmet dan memandang keindahannya dari atas.

Selain itu, Anda juga dapat memilih opsi untuk naik kapal menyusuri Selat Bosphorus dengan jarak tempuh tertentu.

Suasana selat akan tampak menawan di kala senja dan malam hari. Pada malam hari, lampu-lampu kota sekaligus lampu kapal akan menghias sekeliling selat ini.

6.   Kuil Artemis

Jika Anda tertarik untuk menyaksikan reruntuhan bangunan kuil peninggalan bangsa Yunani, Kuil Artemis adalah destinasi yang cocok.

Dulunya, bangunan ini dibangun oleh Efesus dari kekaisaran Persia untuk Artemis, dewi perburuan, alam dan hewan liar, serta perawan dalam kepercayaan masyarakat Yunani.

Untuk menelusuri tempat ini, ada baiknya Anda ditemani oleh tour guide karena area kuil sangat luas dan kompleks untuk ditelusuri seorang diri, apalagi jika Anda pertama kali datang ke sini.

7.   Museum Seni Turki dan Islam

Untuk pecinta wisata museum, Museum Seni Turki dan Islam bisa jadi opsi yang bagus. Pasalnya, tempat ini menyimpan berbagai peninggalan sejarah yang berkaitan dengan Turki dan Islam di Turki.

Terletak di wilayah Sultanahmet Square, Istanbul, museum ini dulunya merupakan bagian aula dari bangunan istana milik Pargalı Ibrahim Pasha, seorang wazir agung dari sultan Kesultanan Utsmaniyah, Suleiman I.

Di sini, Anda bisa menemukan berbagai jenis koleksi sejarah yang menarik. Koleksi tersebut meliputi kaligrafi, ubin, karpet, serta pajangan etnografi ala Turki lainnya. Kabarnya, museum ini merupakan museum pertama di Turki yang mengumpulkan seluruh seni islami di Turki.

8.   Kota Tua Phaselis

Phaselis adalah kota tua peninggalan bangsa Romawi dan Yunani yang berlokasi di distrik Kemer, Antalya, Turki. Sesuai namanya, Anda bisa menyaksikan reruntuhan kota kuno yang kini tak lagi berpenghuni.

Di sini, Anda bisa melihat peninggalan peradaban kuno berupa bangunan saluran air buatan, bak mandi kecil dan besar, teater, hingga pelabuhan. Untuk berkunjung ke sini, Anda perlu menempuh jalur laut menggunakan kapal.

Tertarik untuk liburan ke Turki? Pastikan Anda menggunakan maskapai penerbangan internasional yang terpercaya, salah satunya Turkish Airlines

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: