Mau Uji Adrenalin? Jembatan Kaca 120 Meter Sedang Dibangun di TN Bromo-Tengger-Semeru, Tunggu Tanggal Mainnya!

Mau Uji Adrenalin? Jembatan Kaca 120 Meter Sedang Dibangun di TN Bromo-Tengger-Semeru, Tunggu Tanggal Mainnya!

Gambar Rencana Jembatan Kaca Seruni di kawasan TN-BTS Kabupaten Probolinggo-Istimewa-

PROBOLINGGO, FIN.CO.ID -- Bagi anda penyuka tantangan dan adrenalin tinggi, sebentar lagi bakal ada nih, jembatan kaca sepanjang 120 meter yang pertama kali di Indonesia. 

Jembatan kaca itu berada pada ketinggian 80 meter dari permukaan tanah dan menyeberangi dua bukit di Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru (TN-BTS), probolinggo, Jawa Timur. 

(BACA JUGA:Kementerian PUPR Rehabilitasi Benteng Pendem Van Den Bosch Peninggalan VOC di Ngawi)

Jembatan kaca pertama di Indonesia itu dibangun Kementerian PUPR di Kawasan Pariwisata Strategis Nasional (KSPN) Bromo Tengger Semeru, bertujuan untuk mendongkrak jumlah kunjungan wisata di kawasan tersebut. 

Pembangunan jembatan kaca ini dikerjakan oleh Balai Geoteknik Terowongan dan Struktur di bawah Ditjen Bina Marga, Kementerian PUPR.  

Kemudian untuk penataan kawasan di sekitar jembatan kaca dan seruni point, dikerjakan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW), Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR. 

Jembatan yang bernama Jembatan Kaca Seruni Point ini memiliki lebar 1,8 meter pada bentang utama dan 3 meter pada bagian awal.

(BACA JUGA:Jembatan Gantung Mbah Buto di Jombang, Buka Isolasi Akses Daerah Penghasil Jagung dan Tebu)

PPK Jembatan Kaca / Perekayasa Ahli Muda Balai Geoteknik, Terowongan dan Struktur, Ditjen Bina Marga, Achmad Riza Chairulloh menjelaskan, progres konstruksi jembatan kaca Seruni Point saat ini sudah akan mencapai 85 persen.

"Untuk pekerjaan nilainya Rp 15,7 miliar, progres akhir bulan sudah 85 persen. Target selesai Desember 2022 peresmian," ujar Riza menjawab pertanyaan FIN.CO.ID di Seruni Point, TN-BTS, Kamis 28 Juli 2022 kemarin. 


Konferensi pers tentang pembangunan jembatan kaca dan penataan kawasan Seruni Point di Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru-Sigit Nugroho-

Riza mengatakan, ada tiga atraksi yang ditampilkan ketika pengunjung kawasan Seruni Point TN-BTS mengunjungi jembatan kaca tersebut. 

Pertama yakni, orang-orang yang datang ke TN-BTS dapat menikmati sensasi berdiri di atas jembatan kaca dengan melihat pemandangan ke bawah, di mana terdapat jurang sedalam 80 meter.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: