Siaran TV Digital Itu Gratis, Bisa Pakai Antena Luar atau Dalam

Siaran TV Digital Itu Gratis, Bisa Pakai Antena Luar atau Dalam

Ilustrasi Siaran TV Digital, Image oleh Victoria_rt dari Pixabay--

Ya, atas permintaan ATVSI penghentian siaran TV analog ini akan ditunda dari 5 Oktober hari ini, menjadi 2 November 2022.

Menurut sebuah survei, masih ada 57 persen warga Ibu Kota yang belum siap bermigrasi ke tv digital.

Itu artinya, hanya ada 43 persen masyarakat di Jabodetabek dan sekitarnya, yang sudah siap pindah ke siaran TV digital.

Dan ketika siaran TV analog dimatikan, maka lebih dari setengah pengguna TV analog akan terdampak efek ini.

Syafril khawatir apabila penghentian siaran analog di Jabodetabek tetap dilaksanakan pada 5 Oktober, akan banyak masyarakat yang tidak bisa lagi menonton televisi lantaran belum siap beralih ke digital.

"Kita melihat kalau ini seperti itu, kita juga khawatir masyarakat tiba-tiba tidak bisa menonton televisi. Kalau masyarakat tidak bisa menonton televisi karena kita matikan semua ASO itu besok, apa jadinya?" tanya dia.

Atas dasar tersebut, Syafril mengatakan pada Selasa (4/10) pagi pihaknya berdiskusi dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate terkait permintaan penundaan pelaksanaan ASO di Jabodetabek pada 5 Oktober 2022.

Dari hasil diskusi tersebut, kata dia, diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan ASO di Jabodetabek dimundurkan ke 2 November 2022.

Diberitakan sebelumnya, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong mengatakan Analog Switch Off (ASO) atau penghentian siaran TV analog dan beralih ke siaran digital di Jabodetabek diundur menjadi 2 November 2022.

ATVSI sendiri meyakini jika penghentian siaran TV analog di Jabodetabek belumlah pada waktunya, dengan alasan sebagian masyarakat belum siap.

"Alasan kita melihat bahwa ketidaksiapan masyarakat Jabodetabek," kata Ketua ATVSI Syafril Nasution seperti dikutip FIN dari ANTARA.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) batal melakukan migrasi siaran TV analog ke TV digital (analog switch off/ASO) di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi pada Rabu, 5 Oktober 2022. Jadwal ASO Jabodetabek mundur hingga 2 November 2022.

Menurut Dirjen Informasi Komunikasi Publik (IKP), Kominfo, Usman Kansong, pihaknya sebenarnya sudah siap migrasi ASO Jabodetabek sesuai jadwal pada 5 Oktober 2022.

Namun, Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) selaku penyelenggara multipleksing meminta Kominfo menundanya hingga 2 November.

"Persiapan terus dilakukan dan sebetulnya kita siap ASO Jabodetabek 5 Oktober 2022," kata Usman..

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: