Profil Anne Ratna Mustika: Gadis Desa Jadi Bupati Purwakarta, Kini Gugat Cerai Suaminya Dedi Mulyadi

Profil Anne Ratna Mustika: Gadis Desa Jadi Bupati Purwakarta, Kini Gugat Cerai Suaminya Dedi Mulyadi

Anne Ratna Mustika (dok Pemkabpurwakarta) --

Ketua Persatuan Wanita Olahraga Indonesia periode 2008-2018.

Ketua Dekranasda Kabupaten Purwakarta periode 2008-2018. Dan Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Purwakarta periode 2015-2020

Pada kontestasi pemilihan bupati dan wakil bupati Purwakarta tahun 2018, Anne Ratna Mustika berpasangan dengan H. Aming. sebagai Wakil Bupati Purwakarta. 

Keduanya terpilih dan dilantik di Gedung Merdeka, Kota Bandung, pada 2018. Masa jabatan keduanya akan berkahir pada 2023.

Anne Ratna merupakan keponakan Mantan Bupati Purwakarta, Bunyamin Dudih. Dia telah lama berkiprah di Purwakarta.

Anne mulai mencoba peruntungannya dengan mengikuti ajang Mojang Purwakarta pada Tahun 1999. 

Tak sulit baginya untuk merebut juara pertama dalam ajang tersebut. Latar belakang sosialnya yang berasal dari desa di kawasan Cianjur Jawa Barat membuat dia akrab dengan kultur kesundaan.

Aspek tersebut merupakan faktor determinan yang menentukan penilaian dewan juri yang kebanyakan berasal dari kalangan budayawan.

“Maklum, saya mah kan dari desa. Jadi sudah biasa dengan uji ‘kaparigelan’ (keterampilan) di acara mojang. Alhamdulillah waktu itu juara satu,” kata Anne dikutip laman resmi purwakartakab.go.id.

Ciri khasnya sebagai gadis desa yang tersemat dalam diri Anne membuat suaminya, Dedi Mulyadi jatuh hati. 

Tak lama setelah menjuarai Mojang Purwakarta, Anne dipersunting Dedi Mulyadi yang juga  merupakan mantan Bupati Purwakarta periode 2008-2013.

Dedi Mulyadi selain sebagai anggota DPR RI, saat ini juga menjabat sebagai Ketua DPD Golkar Jawa Barat.

Anne turut mendampingi suaminya itu dalam berbagai jabatan yang pernah diemban. Di antaranya, Anggota DPRD Purwakarta, Wakil Bupati Purwakarta dan Bupati Purwakarta selama dua periode.

Kebersamaan tersebut dimanfaatkan oleh ibu dari Maula Akbar dan Yudhistira tersebut untuk menimba ilmu dan pengalaman. Alhasil, kini Anne meneruskan kiprah suaminya di Purwakarta.

“Sering ikut keliling melihat langsung keadaan masyarakat. Karena itu, saya jadi banyak belajar. Kini tiba masanya pelajaran itu saya aplikasikan dalam kebijakan di Purwakarta,” ujarnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: