Sambo Gate Ungkap Kekurangan Polri yang Selama Ini Terselubung

Sambo Gate Ungkap Kekurangan Polri yang Selama Ini Terselubung

Tersangka Irjen Ferdy Sambo (kiri) bersama Istrinya tersangka Putri Candrawathi (kanan) keluar dari rumah dinasnya yang menjadi TKP pembunuhan Brigadir J di Jalan Duren Tiga Barat, Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta, Selasa (30/8/2022). (antara)-dok-

JAKARTA, FIN.CO.ID - Sejumlah purnawirawan Polri menyebut kasus Sambo Gate jadi pelajaran berharga untuk polisi. 

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo didesak segera melakukan evaluasi internal.

(BACA JUGA:Kapolri Ankum Ferdy Sambo, Mantan Kabareskrim Susno Duadji: Kecil Peluang Bandingnya Dikabulkan )

Rekayasa kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J tersebut telah menghancurkan kepercayaan publik terhadap Polri. 

Tak hanya itu. Sambo Gate juga mengungkap kekurangan Polri yang selama ini terselubung. 

"Sambo Gate ini adalah momentum baik bagi Polri untuk memperbaiki diri sesuai harapan publik," ujar mantan Kabareskrim Polri Komjen Pol (Purn) Susno Duadji seperti dikutip fin.co.id dari channel Youtube Polisi Ooh Polisi pada Rabu, 7 September 2022. 

Menurut Susno Duadji, pandangan masyarakat terhadap Polri saat ini benar-benar sangat jelek. 

(BACA JUGA:Kapolri Sigit Akui Sulit Usut Kasus Brigadir J Karena 'Termakan' Skenario Ferdy Sambo)

Karena itu suka tidak suka, Polri harus menyesuaikan diri. Susno menyebut, polisi jangan lagi terjebak dengan budaya lama. 

"Yang diinginkan publik sekarang adalah polisi itu jujur apa adanya. Sampaikan saja ke publik. Jangan lagi disembunyikan dengan alasan mengganggu penyidikan atau nanti dibuka di persidangan. Ini budaya lama. Polri harus memahami hal ini," terang mantan Kapolda Jabar tersebut. 

Hal senada juga disampaikan mantan Kadiv Hukum Polri Irjen Pol (purn) Aryanto Sutadi. Menurut Aryanto, yang diinginkan publik dalam kasus Sambo Gate adalah polisi jangan berbohong. 

"Intinya jangan berbohong. Karena itu polisi melalui humas tentunya harus mampu meyakinkan dan menunjukkan ke publik. Sampaikan semuanya ke masyarakat secara terbuka," terang Aryanto.

(BACA JUGA:Komnas Perempuan Sebut Brigadir J Ancam Bunuh Putri Candrawathi Hingga Ferdy Sambo Usai Lakukan Pelecehan)

Mantan Kadensus 88 Antiteror Polri Irjen Pol (Purn) Bekto Suprapto menambahkan kasus Sambo Gate ini juga banyak mengungkap kekurangan Polri yang selama ini terselubung. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: