Bekukan Impor, Menperin Fokus Intensifkan Serapan Produk Furnitur Dalam Negeri

Bekukan Impor, Menperin Fokus Intensifkan Serapan Produk Furnitur Dalam Negeri

Produk furnitur-ist-net

(BACA JUGA:Menperin: Studi Pengembangan Mobil Listrik Rampung Agustus 2018)

(BACA JUGA:Perang Dagang, Menperin: Industri Harus Tetap Fokus)

“Sebagai salah satu pendidikan tinggi vokasi di lingkungan Kemenperin, Politeknik STTT Bandung merupakan bagian dari ekosistem pembangunan industri nasional yang memiliki peran strategis dalam mensuplai tenaga kerja terampil sesuai dengan kebutuhan industri tekstil,” jelasnya.

Penyelenggaraan The 3rd Indonesia Textile Conference merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan 100 tahun pendidikan tekstil di Indonesia.

“Usia 100 tahun menunjukkan eksistensi Politeknik STTT Bandung sebagai penyelenggara pendidikan yang telah menerapkan link and match dengan industri dan customized mengikuti pergerakan arah industri sehingga menjadi solusi penyediaan SDM industri yang kompeten,” papar menperin.

Selain itu, Politeknik STTT Bandung telah menjadi contoh baik pengelolaan pendidikan vokasi sehingga dijadikan benchmark oleh pendidikan vokasi lain.

Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Vokasi Industri Kemenperin Restu Yuni Widayati menambahkan dalam persaingan global, industri tekstil Indonesia harus menggeser dirinya dari keunggulan komparatif ke keunggulan kompetitif yang lebih berbasis pengetahuan dengan menguasai teknologi dan mengejar inovasi melalui pendidikan dan penelitian dan pengembangan (R&D).

Keduanya tidak dapat dipisahkan dan menjadi tulang punggung industri tekstil nasional.

“Dari aspek pengembangan SDM dan ketersediaan bahan baku, penyelenggaraan pendidikan tinggi bidang tekstil menjadi sangatlah penting. Untuk itu, upaya adaptasi penyelenggaraan pendidikan bidang tekstil harus terus dilakukan,” terangnya.

Indonesian Textile Conference (ITC) merupakan event internasional yang digagas dan diselenggarakan oleh Politeknik STTT Bandung sejak tahun 2017.

Kegiatan itu mempertemukan ahli-ahli di bidang teknologi tekstil, garmen dan fesyen, dengan keterlibatan dan partisipasi aktif dari para peneliti, dosen, praktisi, bahkan mahasiswa. Konferensi tahun ini juga menjalin kerja sama dengan Fashion and Textile Department di Saxion University of Applied Sciences, Belanda.

ITC ke-4 Mengangkat tema The Future of Textile and Fashion: At the Intersection of Advanced, Sustainable, and 4.0 Technologies.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: