News

Ternyata Ini Motif dan Modus Anggota Paspampres Riswandi Manik Cs Bunuh Imam Masykur Lalu Dibuang ke Waduk

fin.co.id - 31/08/2023, 16:38 WIB

Tiga pelaku penculikan dan penganiayaan Imam Masykur, yaitu anggota Paspampres Praka Riswandi Manik (RM) dan dua anggota TNI AD, yaitu Praka J dan Praka HS

Motif dan Modus Anggota Paspampres Riswandi Manik - Oknum anggota Paspampres, Praka Riswandi Manik (RM), dan dua anggota TNI menganiaya seorang pemuda asal Aceh bernama Imam Masykur hingga tewas. 

Komandan Polisi Militer Kodam Jaya Kolonel CPM Irsyad Hamdie Bey Anwar mengungkap motif dan modus anggota Paspampres Praka RM beserta dua rekannya yang juga prajurit TNI yang membunuh Imam Masykur (25).

Dijelaskan Kolonel CPM Irsyad Hamdie, motif anggota Paspampres Praka RM dan dua rekannya Praka HS dan Praka J yaitu melakukan pemerasan.

Modus pemerasan yang dilakukan Praka RM, Praka HS dan Praka J adalah dengan berpura-pura menjadi aparat kepolisian. 

Ketiga pelaku penganiayaan ini berpura-pura menjadi anggota polisi dan menangkap Imam Masykur lalu menuduhnya mengedarkan obat-obatan ilegal. 

"Pelaku berpura-pura sebagai aparat kepolisian yang melakukan penangkapan terhadap korban karena korban diduga pedagang obat-obat ilegal (seperti) Tramadol dan lain-lain," ujar Irsyad di Markas Pomdam Jaya, Jakarta, Selasa, 29 Agustus 2023.

BACA JUGA:

"Setelah ditangkap, dibawa dan diperas sejumlah uang," sambung dia. 

Ditegaskannya motif utama penculikan dan penganiayaan hanya pemerasan untuk mendapatkan uang. 

"(Motifnya) pemerasan," tegasnya. 

Dijelaskannya bukan hanya Imam Masykur, warga Aceh yang diculik dan dianiaya anggota Paspampres Praka RM dan dua temannya anggota TNI AD.

Ada seorang lagi yang diculik, namun kemudian dilepas di sekitar Tol Cikeas karena kondisi nafasnya sudah lemah.

Komandan Pomdam Jaya Kolonel Cpm Irsyad Hamdie Bey Anwar mengatakan pihaknya telah memeriksa 8 saksi terkait kasus penculikan, pemerasan, dan penganiayaan yang dilakukan Praka RM, Praka HS, dan Praka J sehingga mengakibatkan korban Imam Masykur meninggal dunia.

Selain itu, pihaknya juga masih mencari alat-alat bukti terkait kasus tersebut, di antaranya gawai (handphone) milik tersangka.

BACA JUGA:

Admin
Penulis
-->