Apa Benar Rutin Makan Cokelat Batangan Bikin Orang Panjang Umur? Ini Kata Ahli

Apa Benar Rutin Makan Cokelat Batangan Bikin Orang Panjang Umur? Ini Kata Ahli

Cokeat batangan, Image oleh StockSnap dari Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Makan cokelat secara rutin bisa memangkas risiko orang mati muda, demikian menurut sebuah studi, The Sun melansir.
 
Ya, menurut studi ini, mereka yang rutin makan cokelat setiap pekannya, dapat memangkas risiko penyakit jantung atau kanker mematikan, hingga 16 persen.

Ahli menemukan bahwa mereka yang makan dua cokelat batangan Dairy Milk setiap pekannya, punya kadar kolesterol jahat yang lebih rendah, dibandingkan orang yang tidak makan cokelat sama sekali.

(BACA JUGA:Beberapa Tipe Golongan Darah Ini Lebih Rentan Kena Masalah Jantung)

Efek ini menurut ahli, adalah berkat keberadaan flavanoid, yang dikliam baik untuk kesehatan pembuluh darah manusia.

Ada pun tujuan dari studi ini menurut Prof Jiaqi Huang, dari US National Cancer Institute di Maryland, adalah salah satunya untuk menghapus stigma buruk masyarakat akan konsumsi cokelat.

Sanggahan

Semantara itu menurut British Heart Foundation (BHF), studi ini tidak cukup konklusif sehingga dapat digunakan untuk merekomendasikan orang makan cokelat, guna memangkas risiko penyakit jantung di kemudian Hari.

Menurut BHF, tidak ada salahnya memang menikmati konsumsi cokelat secara rutin. Akan tetapi, tidak ada satu pun makanan di dunia ini, yang secara tunggal mampu memberikan benefit yang diklaim.

"Tidak ada satu makanan pun, atau satu jenis gizi pun, yang mampu mengalahkan gaya hidup sehat yang seimbang secara keseluruhan,"  kata BHF dalam sebuah pernyataan.

Benefitnya Kurang Lebih Mirip dengan Rutinitas Orang Minum Kopi

Mereka yang rutin minum kopi tiga cangkir sehari, punya potensi 15 persen terhindar dari penyakit jantung atau mati muda.

Ya, menurut sebuah studi di Australia, mereka yang minum kopi tiga cangkir sehari, bisa menambah umurnya beberapa tahun lebih panjang.

Mengapa demikian, karena kandungan antioksidan yang dimiliki kopi menurut studi itu, mampu meningkatkan metabolisme, mengurangi penumpukan lemak pada tubuh.

Tidak hanya kopi berkafein, kopi decaf alias kopi dengan kadar kafein rendah, juga diklaim memberikan manfaat yang sama.




DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: