Beberapa Tipe Golongan Darah Ini Lebih Rentan Kena Masalah Jantung

Beberapa Tipe Golongan Darah Ini Lebih Rentan Kena Masalah Jantung

Serangan Jantung, Image: Martin Büdenbender / Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Di dunia ini terdapat delapan jenis golongan darah berbeda. Mulai dari A+, A-, B+, B-, O-, O+, AB+ dan AB-.

Namun taukah Anda jika dari delapan golongan darah yang ada pada manusia, ada beberapa golongan darah yang paling rentan dikaitkan dengan masalah jantung?

Ya, menurut data American Heart Association, via Cnet, mereka dengan golongan darah A, B dan AB adalah orang yang paling tinggi punya risiko terkena gagal jantung.

(BACA JUGA:Efek Samping COVID setelah Sembuh, Mulai dari Masalah Jantung, Paru-paru hingga Stroke)

Menurut studi itu, mereka yang golongan darah A dan B memiliki potensi 51 persen lebih tinggi, mengalami kondisi bernama trombosis vena dalam, dan 47 persen lebih tinggi berisiko alami emboli paru atau penyumbatan pembuluh darah pada paru-paru.

Alasan dari tingginya risiko ini menurut Dr. Douglas Guggenheim, pakar hematologi Penn Medicine, ada hubungannya dengan inflamasi yang terjadi pada tubuh mereka, dengan golongan darah di atas.

Protein yang ditemukan pada golongan darah A, B dan AB, berpotensi menyebabkan penyumbatan atau penebalan pada pembuluh darah vena dan arteri.

Ketika hal itu terjadi, maka risikonya adalah pembekuan darah dan penyakit jantung.

Hal ini, lanjut dia Dr. Guggenheim, mungkin bisa menjelaskan mengapa, orang dengan golongan darah O, punya risiko lebih rendah mengalami COVID berat, ketika terpapar corona.

Manfaat Anggur Merah untuk Jantung

Well, menurut sebuah studi, via WebMD, kebiasaan minum anggur merah dapat dikaitkan dengan benefitnya terhadap kesehatan jantung.

Lebih-lebih untuk mereka yang punya diabetes melitus atau diabetes tipe 2, minum anggur dapat memberikan manfaat yang tak disadari banyak orang.

Menurut sebuah studi dari Boston University Shcool of Medicine, antioksidan yang ditemukan pada anggur merah, resveratrol, dapat mengurangi arterial stiffness yang diketahui penyebab penyakit jantung.

Menurut studi itu, meminum anggur merah dapat mengembalikan abnormalitas pada jantung, yang dipicu oleh usia dan kondisi seperti diabetes.

Resveratrol adalah antioksidan yang terdapat pada bagian kulit anggur, dan yang bertanggungjawab atas warna dari anggur itu sendiri.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: