Ini Alasan Kenapa Dianjurkan Makan Sebelum Salat Idulfitri

Ini Alasan Kenapa Dianjurkan Makan Sebelum Salat Idulfitri

Ini Alasan Kenapa Harus Makan Sebelum Salat Idulfitri --

fin.co.id - Semakin dekat menyambut Hari Raya Idulfitri, masyarakat di Indonesia khususnya Kota Tangerang telah siap menyambut Lebaran bersana keluarga.

Salat Idulfitri menjadi hal yang dilakukan ketika menyambut Lebaran. Lalu, perlu diingat ada sunnah yang dapat dikakukan sebelum Salat Idulfitri, salah satunya adalah makan. 

Ketua DKM Masjid Al-A'zhom Kota Tangerang, K.H. Chaerudin mengatakan, makan sebelum berangkat salat Idulfitri merupakan kebiasaan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. Maka, sunnah tersebut sebaiknya diikuti oleh para umatnya. 

"Makan sebelum berangkat salat Idulfitri merupakan sunnah jadi memang sebaiknya kita lakukan. Makan dengan cukup jangan berlebihan. Seperti memakan kurma," ungkapnya, Selasa 9 April 2024. 

BACA JUGA:Tata Cara dan Anjuran Selama Salat Idulfitri Beserta Sunnah yang Bisa Dilakukan

Ia melanjutkan, tak hanya makan sebelum berangkat salat Idulfitri sunnah lainnya adalah mandi, memakai pakaian terbaik, hingga memakai wewangian. Tak lupa, untuk terus menggemakan takbir hingga salat akan dimulai. 

"Terus gemakan takbir dari perjalanan menuju hingga sampai dan akan memulai waktu salat. Jangan lupa juga untuk menunaikan zakat fitrah karena kita sudah semakin dekat menuju hari kemenangan," lanjutnya.

K.H. Chaerudin juga berharap, agar masyarakat Kota Tangerang mendapatkan keberkahan setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Sehingga, dapat meningkatkan iman dan termasuk kepada orang-orang yang meraih kemenangan di bulan yang fitri. 

"Mudah-mudahan, kita semua mendapatkan keberkahan setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Saya juga berharap, kita semua dapat terus meningkatkan iman kita meskipun bulan Ramadan sudah meninggalkan kita," tutupnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: