Tangan, Kaki atau Kepala Anda Gemetaran di Luar Kendali? Ini Nama Kondisinya

Tangan, Kaki atau Kepala Anda Gemetaran di Luar Kendali? Ini Nama Kondisinya

Tremor, Ilustrasi: Pixabay--

JAKARTA, FIN.CO.ID - Anda kerap mengeluhkan salah satu bagian tubuh yang gemetaran di luar dari kendali?

Pada kasus yang seperti ini, dunia medis mengaitkannya dengan salah satu kondisi bernama tremor.

Kondisi ini menurut ahli, via Alodokter, sering terjadi pada tangan, meski juga bisa terjadi di kaki atau kepala.

(BACA JUGA:Untuk Anda yang Baru Didiagnosa Kena Diabetes Melitus, Hidup Tidak Berhenti di Sini)

Tremor sendiri bisa terjadi sesekali, namun juga bisa secara terus menerus. Pada beberapa kasus, tremor tidak selalu bisa diartikan serius.

Akan tetapi, keberadaan tremor bisa menandai keberadaan kondisi kesehatan lain.

Dan ketika kemunculan tremor ini sudah terlalu sering terjadi, apalagi hingga mengganggu aktifitas, maka kunjungan ke ruang dokter sangatlah dianjurkan.

Penyebab Tremor

Menurut ahli, tremor adalah efek dari masalah pada bagian kanan otak manusia. Bagian otak ini yang bertanggungjawab atas pergerakan otot.

Ketika hal itu terjadi, pergerakan otot di luar kendali adalah yang terjadi.

Mereka yang punya masalah kesehatan seperti multiple sclerosis, hipertiroidisme, penyakit Parkinson dan stroke bisa mengalaminya.

Mereka yang juga pernah berurusan dengan cedera di kepala, alami hipoglikemia (gula darah rendah) dapat mengalami gangguan tremor yang dimaksud.

Tremor juga disebut bisa dipicu oleh kebiasaan orang minum-minuman tertentu, seperti kopi, teh dan soda, yang semuanya memiliki kesamaan, yakni mengandung kafein.

Orang yang sudah tidak lagi muda, punya masalah liver dan ginjal, juga disebut berpotensi alami tremor, selain karena efek samping obat asma dan beberap jenis obat lain.

Ada Gempa namun hanya Anda yang Merasakannya?

Anda kerap merasa getaran pada bumi menyerupai gempa, padahal pada kenyataannya, hanya Anda yang merasakan demikian.  

Apa yang salah di sini? Well, menurut Dr. Hideaki  dari Mejiro University Clinic, seperti dikutip AFP, ada kaitannya dengan sebuah kondisi medis tertentu.  

Mirip seperti motion sickness, masalah kesehatan yang satu ini, ternyata ada kaitannya dengan kondisi psikologis seseorang.  

“Phantom Quake Syndrome” atau Sindrom Gempa Khayalan, adalah alasan di balik perasaan tidak nyaman tersebut.  

Kondisi ini, pada mereka yang pernah merasakan gempa bumi secara langsung, atau mereka dengan trauma gempa bumi, dapat memberikan efek ketakutan dan kecemasan tersendiri.  

Kondisi ini sendiri bisa terjadi pada siapa saja, yang pernah mengalami situasi yang disebutkan di atas. Parahnya tidak ada obat yang secara langsung, dispesifikasikan untuk mengatasi kondisi ini.  

Kendati demikian, menurut para ahli, fokus dan upaya untuk menenangkan diri, ketika hal ini menghantui, dinilai sebagai upaya terbaik yang bisa dilakukan penderita.  

Bertanya pada orang-orang di sekitar Anda, terkait apa yang Anda rasakan barusan, bisa membantu Anda jauh lebih tenang dalam menghadapi serangan Phantom Quake.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: