H-3 Lebaran: Pergerakan Penumpang Di Angkutan Penyeberangan Tertinggi

H-3 Lebaran: Pergerakan Penumpang Di Angkutan Penyeberangan Tertinggi

Ilustrasi - Arus mudik lebaran 2022-Istimewa-

• Pada angkutan penyeberangan, realisasi jumlah penumpang pada H-3 tahun 2022 sebesar 314.757 penumpang, atau meningkat 466.9 persen jika dibandingkan dengan hari biasa pada 16 April sebesar  55.525 penumpang.

(BACA JUGA:Pengelola Yakin Jumlah Penumpang Soetta H-2 dan H-1 Lebaran Tak Lebih dari 135 Ribu Orang)

“Peningkatan jumlah pergerakan pada moda angkutan penyeberangan sangat signifikan, angkanya mencapai 466,9 persen,” jelas Adita. 

Pergerakan Penumpang Kumulatif (H-7 sampai dengan H-3), Angkutan Penyeberangan Tertinggi

Sementara, jumlah pergerakan penumpang secara kumulatif di masing-masing moda yang dipantau selama empat hari mulai Senin 25 April 2022 (H-7) hingga Jumat 29 April (H-3) kemarin, yakni : 

• Pergerakan penumpang angkutan penyeberangan menjadi yang tertinggi sebanyak 1.086.687 penumpang. Dengan pergerakan penumpang terpadat di 5 (lima) pelabuhan penyeberangan yakni: Merak, Bakauheni, Gilimanuk, Ketapang, dan Kayangan.

• Kemudian, angkutan udara sebanyak 931.870 penumpang. Dengan pergerakan penumpang keberangkatan terpadat di 5 (lima) Bandara yakni: Soekarno Hatta, Sultan Hasanuddin (Makassar), Juanda (Surabaya), Sepinggan (Balikpapan), dan Ngurah Rai (Bali).

• Angkutan jalan (bus) sebanyak 658.947 penumpang. Dengan pergerakan penumpang keberangkatan terpadat di 5 (lima) terminal yakni: Kertonegoro Ngawi, Ir. Soekarno (Klaten), Purboyo (Surabaya), Giwangan (Yogyakarta), dan Tamanan (Kediri).

• Angkutan kereta api sebanyak 497.014 penumpang. Dengan pergerakan penumpang terpadat di 5 (lima) Daerah Operasi (Daop) yakni: Daop I Jakarta, Daop II Bandung, Daop III Cirebon, Daop IV Semarang, dan Daop IX Jember.

• Angkutan laut 351.812 penumpang. Dengan pergerakan penumpang keberangkatan terpadat di 5 (lima) pelabuhan yakni: Gilimanuk, Batam, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, dan Balikpapan.

(BACA JUGA:Terminal Bekasi Membludak, Plt Wali Kota Bekasi Pastikan Penumpang Tetap Bisa Berangkat)

Total pergerakan penumpang di semua moda angkutan (H-7 sampai dengan H-3) sudah mencapai 3.526.330 penumpang.

Jumlah ini masih lebih kecil dengan perbandingan 36,8 persen, jika dibandingkan dengan pergerakan penumpang kumulatif pada periode yang sama di tahun 2019 sebesar 5.576.540 penumpang.

“Namun demikian, data kumulatif tahun ini sifatnya masih sementara dan masih akan terus bergerak,” ujar Adita.

Pergerakan Kendaraan Pribadi Meningkat di Tol Trans Jawa dan Merak

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: