Puan Maharani Bareng Wayan Koster Tinjau Lokasi IPU 2022 di Bali, Terapkan Sistem Bubble Pastikan Prokes Ketat

Puan Maharani Bareng Wayan Koster Tinjau Lokasi IPU 2022 di Bali, Terapkan Sistem Bubble Pastikan Prokes Ketat

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Gubernur Bali Wayan Koster tinjau lokasi IPU 2022. --

JAKARTA,FIN.CO.ID - Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Gubernur Bali Wayan Koster meninjau lokasi penyelenggaraan Inter-Parliamentary Union (IPU) Assembly & Related Meetings ke-144 di Nusa Dua, Bali, Senin, 14 Maret 2022. 

DPR RI akan bertindak sebagai tuan rumah (host) pertemuan Parlemen dunia yang dijadwalkan berlangsung 20-24 Maret 2022 mendatang.

Untuk mendukung pelaksanaan IPU ke-144, DPR RI berkoordinasi dengan berbagai Kementerian/ Lembaga seperti Kementerian Luar Negeri, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)/ Satgas Covid Nasional.

(BACA JUGA:Meski Tren Kasus Menurun, Luhut Minta Masyarakat Tak Lepas Masker, Soalnya Kalau Tidak...)

Selain itu, DPR RI juga menyiapkan protokol kesehatan yang ketat dalam pelaksanaan IPU ke-144. 

Untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19, DPR pun menerapkan sistem bubble atau sistem gelembung untuk seluruh delegasi dan panitia selama kegiatan berlangsung. 

Sistem bubble adalah sistem koridor perjalanan yang bertujuan membatasi interaksi hanya dengan individu dalam gelembung tersebut. 

(BACA JUGA:Jelang MotoGP Mandalika, Francesco Bagnaia Dapat Kritik Pedas)

Puan pun menegaskan sistem itu harus dilakukan dengan pengawasan ketat.

“Kita harus tetap disiplin pakai prokes. Semua diperiksa. Jangan biarkan siapapun masuk ke lokasi acara tanpa identitas resmi dari panitia. Hospitality saat ini bukan lagi berarti layanan makanan berlimpah, tapi hospitality yang memprioritaskan profesionalitas. Kita harus professional,” jelas Puan.

Forum parlemen dunia ini akan dihadiri lebih dari 1.200 delegasi terdiri dari para Ketua Parlemen, anggota Parlemen dan pejabat Sekretariat Parlemen negara anggota IPU. 

Selain itu akan hadir pula pimpinan Organisasi Internasional, para ahli dan praktisi sebagai narasumber sesi, media dan stakeholder lainnya.

“Dengan menjadi tuan rumah IPU ke-144, DPR RI mengambil bagian dalam kepemimpinan global dalam penyelesaian isu-isu yang menjadi perhatian bersama. Masalah global harus diselesaikan bersama, dan penyelesaiannya memerlukan kepemimpinan global,” tambah puan.

IPU ke-144 mengambil tema ‘Getting to Zero: Mobilizing Parliament to Act on Climate Change’. Isu perubahan iklim diambil sebagai tema besar yang akan dibahas karena menyangkut kelangsungan hidup dan keselamatan dunia. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: