Puan Maharani Diplot Kembali Jadi Ketua DPR RI, Hasto Kristiyanto: Sesuai Arahan Ibu Megawati

Puan Maharani Diplot Kembali Jadi Ketua DPR RI, Hasto Kristiyanto: Sesuai Arahan Ibu Megawati

Ketua DPR RI Puan Maharani-Devi/Man-Dpr.go.id

FIN.CO.ID - Ketua DPP PDI Perjuang Puan Maharani diplot akan kembali menjadi Ketua DPR RI periode 2024-2029.

Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan sesuai amanat atau arahan langsung Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, Puan dipastikan akan menjadi Ketua DPR RI Periode 2024-2029.

"Berdasarkan berbagai proses yang dilakukan mba Puan merupakan Ketua DPR selanjutnya, sesuai arahan ibu Ketua Umum (PDI Perjuang) ibu Megawati Soekarnoputri," ujar Hasto Kristiyanto di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Minggu, 7 April 2024.

Adapun, tambah Hasto, alasan Megawati Soekarnoputri menunjuk Puan Maharani menjadi Ketua DPR RI lantaran putri sulungnya itu memiliki banyak pengalaman dalam memimpin sehingga dinilai mampu untuk menjadi Ketua DPR RI Periode 2024-2029.

"Sebagai partai yang terus menggembleng kader, mba Puan mampu menampilkan kepemimpinan yang lengkap baik dari kepemimpinan di internal partai maupun eksternal partai," kata Hasto.

Diketahui, Puan Maharani sendiri pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Indonesia pada periode 2014-2019.

BACA JUGA:

Denganenjabat sebagai Menko PMK, menjadikan Puan Maharani sebagai menteri koordinator termuda dan perempuan yang menduduki posisi tersebut.

Kemudian, dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR pada periode 2012-2014. 

Saat itu, dia ditempatkan di Komisi VI yang membawahi BUMN, perdagangan, koperasi, dan usaha kecil menengah, serta anggota badan kelengkapan dewan Badan Kerja Sama Antar-Parlemen Dewan Perwakilan Rakyat (BKSAP DPR).

Lalu sejak 2019 sampai saat ini, Puan Maharani dipercaya untuk menjadi Ketua DPR RI dan ini dirinya sebagai perempuan pertama yang menduduki posisi tersebut.(intan afrida)

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: