Sejumlah Negara Ubah Status Pandemi Jadi Endemi, Indonesia Kapan?

Sejumlah Negara Ubah Status Pandemi Jadi Endemi, Indonesia Kapan?

Ilustrasi penyebaran Covid-19.-istimewa-

Hal yang juga tak kalah penting adalah kemampuan negara Uni Eropa dalam mempersiapkan fasilitas pelayanan kesehatan yang optimal untuk menghadapi gejolak peningkatan kasus di kemudian hari.

(BACA JUGA:'Ramalan' Bill Gates, Covid-19 Bisa Menjadi Pandemi Terakhir)

Peluang Indonesia jadi endemi

Melihat dari negara lain yang sudah merubah status dari pandemi menjadi endemi, Indonesia disebut masih membutuhkan waktu yang lumayan panjang. 

Selain trend perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia yang terbilang masih cukup tinggi, ada juga hal-hal lain yang dibutuhkan jika Indonesia ingin mengubah status menjadi endemi. 

Sebagaimana diketahui, komponen dasar yang digunakan pemerintah bersumber pada panduan WHO bahwa penularan dapat dikatakan rendah disaat transmisi Level 1 minimal mencapai 20 per 100.000 penduduk.

(BACA JUGA:WHO Ramal COVID-19 Akan Terus Berevolusi, Sampai Kiamat Gak Bakal Hilang?)

Sementara berdasarkan data yang diinformasikan dalam situs resmi Covid19.co.id, penambahan kasus Corona Senin, 21 Februari 2022 sebanyak 34.418. Sehingga, totalnya menjadi 5.231.923 kasus.

Satgas COVID-19 melaporkan kasus harian COVID-19 di Indonesia sempat melonjak hingga tembus 64.718 pasien pada Rabu 16 Februari 2022. Angka itu merupakan puncak tertinggi kasus COVID-19 sejak pandemi melanda Tanah Air.

Jika melihat fakta tersebut, bisa disimpulkan memang Indonesia belum siap untuk "berdamai" dengan COVID-19 dan masih membutuhkan waktu, terutama untuk mengejar target vaksinasi untuk pencapaian herd immunity. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugr

Tentang Penulis

Sumber: