Hamas Bantah Tuduhan Israel Terhadap WHO dan UNRWA

Hamas Bantah Tuduhan Israel Terhadap WHO dan UNRWA

Tentara Hamas--

FIN.CO.ID- Kelompok perjuangan Palestina, Hamas membantah sejumlah tuduhan Israel terhadap sejumlah badan-badan Perserikata Bangsa-Bangsa (PBB). 

Dua badan PBB yang dituduh oleh Israel bersekongkol dengan Hamas yakni Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA). 

Negara Zionis itu menuduh WHO bersekongkol dengan Hamas terkait rumah sakit di Gaza. Sementara itu, mereka juga menuduh staf UNRWA terlibat dalam serangan bersama Hamas ke Israel pada 7 Oktober 2023 lalu. 

BACA JUGA:

Hamas mengatakan, tuduhan tersebut tidak mendasar yang bertujuan mencegah pemberian bantuan kepada orang-orang di Jalur Gaza yang menjadi sasaran genosida Israel. 

“Yang terbaru adalah tuduhan tak berdasar terhadap Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) atas apa yang disebut Israel sebagai persekongkolan dengan gerakan Hamas, dengan mengulangi klaim palsu tentang penggunaan rumah sakit dalam operasi militer (Hamas),” kata kelompok Hamas dalam sebuah pernyataan dilansir Anadolu, Jumat 28 Januari 2024.

Hamas mengatakan, sejumlah tuduhan Israel itu bertujuan menghalangi pendanaan dan bantuan dari PBB ke Palestina. 

BACA JUGA:

Hamas meminta PBB dan lembaga-lembaga internasional untuk tidak menyerah pada ancaman dan fitnah Israel.

Kelompok tersebut menekankan pentingnya peran badan-badan (PBB) dalam memberikan bantuan kepada rakyat kami, dan mendokumentasikan kejahatan pendudukan (pasukan Israel).

Israel sebelumnya menuding Hamas menggunakan rumah sakit-rumah sakit di Jalur Gaza untuk tujuan militer guna membenarkan serangan dan pemboman Israel, meskipun rumah sakit itu menjadi tempat perlindungan para pengungsi. Hamas telah berulang kali membantah tuduhan tersebut.

WHO pada Jumat membantah tuduhan Israel mengenai “kolusi” dengan Hamas dan “menutup mata” terhadap penderitaan para sandera Israel di Gaza. (*) 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: