Gempa Guncang Afghanistan, Puluhan Orang Tewas

Gempa Guncang Afghanistan, Puluhan Orang Tewas

Gempa Bumi berkekuatan magnitudo 5,6 mengguncang Bali-ilustrasi-FIN-FIN

JAKARTA, FIN.CO.ID - Sedikitnya 22 orang tewas dan ratusan rumah hancur akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 mengguncang Afghanistan.

Peristiwa itu terjadi di wilayah Afghanistan barat pada Senin 17 Januari 2022 waktu setempat. 

Baz Mohammad Sarwari, Direktur Informasi dan Kebudayaan pemerintah provinsi Badghis mengatakan, gempa bumi mengguncang bagian barat Provinsi Badghis, yang berbatasan dengan Turkmenistan, pada Senin sore. 

"Laporan awal kami menunjukkan bahwa 22 orang, termasuk perempuan dan anak-anak tewas dan empat lainnya terluka," kata Sarwari, dikutip dari CNN, Selasa 18 Januari 2022.

(BACA JUGA:Update Gempa Banten: 1.100 Rumah Rusak, Kepala BNPB Minta Pendataan Korban Dikebut)

Sarwari menambahkan, tim penyelamat telah tiba di beberapa daerah yang terdampak gempa. Namun ia juga mengingatkan bahwa jumlah korban kemungkinan masih dapat meningkat.

"Badghis merupakan provinsi yang berada di kawasan pegunungan dan cukup sulit digapai," ujarnya.

Kepala unit perawatan di rumah sakit di ibu kota Badghis, Sanullah Sabit, mengatakan pihaknya telah menerima lima pasien yang terluka akibat gempa. 

"Para pasien yang dilarikan sebagian besar mengalami patah tulang," kata Sabit.

Menurut Pusat Seismologi Eropa-Mediterania, gempa berkekuatan 5,6 M itu berada pada kedalaman 30 kilometer (sekitar 19 mil).

(BACA JUGA:Update: Pasca Gempa 6,7 M Pandeglang Banten, Ratusan Rumah Rusak)

Diketahui, Afghanistan merupakan negara yang kerap dilanda gempa bumi, terutama di pegunungan Hindu Kush, yang terletak di dekat persimpangan lempeng tektonik Eurasia dan India.

Pada tahun 2015, hampir 280 orang tewas ketika gempa berkekuatan 7,5 SR yang berpusat di pegunungan melanda Asia Selatan. 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Derry Suta

Tentang Penulis

Sumber: