10 Kuliner Khas Dengan Citarasa Pedas Yang Wajib Anda Coba

10 Kuliner Khas Dengan Citarasa Pedas Yang Wajib Anda Coba

Pempek Kapal Selam Palembang--traveloka.com

Rasa pedasnya terlihat dengan warna merah yang muncul karena jumlah cabai merah yang digunakan sangatlah banyak. Rempah yang digunakan cukup minimalis seperti daun jeruk, lengkuas, terasi dan serai. Perpaduan remah membuat masakan balado sangat harum.

Balado sangat mudah dibuat, bahkan ibu-ibu rumah tangga biasa memasak telur balado sebagai santapan makan siang khas rumahan. 

7. Pempek Palembang

Jika melihat namanya, jelas pempek Palembang adalah kuliner khas Kota Palembang di Sumatera Selatan. Pempek Palembang terdiri dari pempek ikan dan kuah cuko. Rasa pedas yang didapat berasal dari kuah cuko yang warnanya hitam. 

Cuko terbuat dari asam, cabai dan ebi yang direbus bersama hingga menjadi cukup kental. Biasanya untuk mengurangi rasa pedas, penyajian pempek ditambah dengan irisan timun. Rasa pedas dengan pempek ikan sangat khas yang tidak ada di daerah lainnya. 

Ada banyak jenis pempek yang bisa dipilih, yaitu kapal selam, lenjer, kulit, dan adaan, semuanya cocok dimakan dengan kuah cuko yang sangat pedas.

8. Pecel

Pecel merupakan kuliner khas Jawa Timur, tepatnya Madiun. Pecel juga terkenal dengan rasa pedasnya. 

Hidangan ini cukup sederhana karena tidak menggunakan daging, melainkan berbagai macam jenis sayur. 

Cita rasa pedas berasal dari bumbu kacang yang diracik dengan berbagai macam rempah. Bumbu pecel Madiun sangatlah pedas dan dijadikan oleh-oleh khas Madiun. 

Sambal pecel menggunakan rempah seperti kencur, asam jawa, daun jeruk dan bawang merah bawang putih.

9. Ayam Geprek

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugr

Tentang Penulis

Sumber: