Bola

Atalanta Juara Liga Eropa Usai Hajar Bayer Leverkusen 3-0

fin.co.id - 2024-05-23 06:40:00 WIB

Atalanta Juara Liga Eropa Usai Hajar Bayer Leverkusen 3-0

FIN.CO.ID-  Atalanta memenangkan gelar juara Liga Europa setelah mengalahkan Bayer Leverkusen dengan skor 3-0 dalam final yang berlangsung di Stadion Aviva, Dublin, pada Kamis dini hari waktu Indonesia. 

Ademola Lookman menjadi pahlawan kemenangan La Dea dengan mencetak tiga gol, seperti dilaporkan oleh laman resmi UEFA.

Ini merupakan trofi besar kedua bagi Atalanta setelah memenangkan Coppa Italia pada musim 1962/1963. Sebaliknya, kegagalan di Liga Europa menghentikan catatan positif Bayer Leverkusen di bawah asuhan Xabi Alonso pada pertandingan ke-51 mereka musim ini.

BACA JUGA:

Atalanta bermain agresif sejak awal meskipun Leverkusen mendominasi penguasaan bola. Tim asal Italia ini berhasil unggul pada menit ke-12 melalui gol pertama Lookman setelah menerima umpan dari Teun Koopmainers.

Gol tersebut meningkatkan kepercayaan diri Atalanta yang kemudian menggandakan keunggulan pada menit ke-26. Lookman berhasil memotong operan dari Granit Xhaka dan melepaskan tendangan melengkung ke tiang jauh gawang Leverkusen.

Leverkusen mendapat peluang terbaiknya pada menit ke-35 ketika Alejandro Grimaldo tinggal berhadapan dengan kiper Atalanta, Juan Musso, namun tembakannya berhasil dihalau. 

Di akhir babak pertama, Charles de Ketelaere hampir menambah keunggulan Atalanta, tetapi tendangannya dihalau oleh kiper Leverkusen, Kovar.

Pada babak kedua, kedua tim tetap bermain dengan intensitas tinggi. Meskipun Leverkusen berusaha keras mengejar ketertinggalan, mereka kembali kebobolan pada menit ke-75 melalui gol ketiga Lookman.

BACA JUGA:

Gol ini berawal dari serangan balik yang dimulai oleh Gianluca Scamacca yang memberikan umpan silang kepada Lookman, yang kemudian mengecoh Tapsoba sebelum menembakkan bola ke pojok atas gawang Leverkusen.

Selama 15 menit terakhir, Leverkusen berusaha mencetak gol, namun skor 3-0 bertahan hingga pertandingan berakhir. Dengan kemenangan ini, tim asuhan Gian Piero Gasperini menjadi juara baru Liga Europa.

Susunan Pemain :

Atalanta (3-4-2-1): Atalanta: Musso; Djimsiti, Hien, Kolasinac (Scalvini 46'); Zappacosta (Hateboer 84'), Ederson, Koopmeiners, Ruggeri; De Ketelaere (Pasalic 57'), Scamacca (Toure 84'), Lookman

Bayer Leverkusen (3-4-2-1): Kovar; Stanisic (Boniface 46'), Tah, Tapsoba; Frimpong (Tella 81'), Xhaka, Palacios (Andrich 68'), Hincapie; Wirtz (Schick 81'), Adli, Grimaldo

Admin
Penulis